PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

ARIENY MUSTIKAWATI, NIM 11470024 (2015) PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya tantangan dan persaingan di era globalisasi, ditambah lagi dengan banyaknya pencari kerja setelah menyelesaikan sekolah, namun lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja yang mengakibatkan masyarakat di usia produktif hanya menjadi pengangguran. Dalam menghadapi hal tersebut sekolah harus mampu membekali siswa dengan keterampilan untuk bekal kehidupan nanti setelah siswa lulus. Salah satu keterampilan itu ialah berwirausaha, jika sekolah bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sejak dini maka akan menciptakan wirausaha muda di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program market day sebagai sarana menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa SDIT Luqman al-Hakim Internasional Banguntapan, Bantul, Yogyakarta dan untuk mengetahui peran serta urgensi program market day dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajiaan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa program market day merupakan kegiatan berwirausaha dimana siswa bertindak sebagai penjual yang dilaksanakan setiap sekali seminggu. Guru kelas memiliki peran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa untuk memotivasi, konsultasi, mengarahkan dan evaluasi terhadap pelaksanaan market day. Adapun cara yang dilakukan guru kelas dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa yaitu melalui: cerita kisah-kisah inspirasi tokoh yang berhasil menjadi pengusaha, memberikan contoh kepada siswa secara langsung dan menanamkan kemampuan-kemampuan dasar siswa untuk membuat sesuatu. Program market day sangat efektif dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa yang mengikuti market day di SDIT Luqman al-Hakim Yogyakarta yaitu dengan keterampilan berwirausahaa yang dipraktikan dan mampu mengasah ranah kognitif, afektif dan psikomotik siswa. Sedangkan urgensinya yaitu: a)sebagai wadah pengembangan keterampilan wirausaha siswa, b)mampu melatih mental siswa, c)dapat membantu siswa dalam belajar, dan d)membentuk karakter siswa. Kata kunci: Program Market Day, Kewirausahaa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Program Market Day, Kewirausahaa
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jun 2015 14:44
Last Modified: 15 Jun 2015 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum