PERILAKU SUAMI YANG DITINGGAL ISTERI MENJADI TENAGA KERJA WANITA KE LUAR NEGERI (STUDI KASUS PADA LIMA KELUARGA DI DESA AMBULU LOSARI CIREBON)

NURUL WIDAYATRI, NIM. 11220036 (2015) PERILAKU SUAMI YANG DITINGGAL ISTERI MENJADI TENAGA KERJA WANITA KE LUAR NEGERI (STUDI KASUS PADA LIMA KELUARGA DI DESA AMBULU LOSARI CIREBON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU SUAMI YANG DITINGGAL ISTERI MENJADI TENAGA KERJA WANITA KE LUAR NEGERI (STUDI KASUS PADA LIMA KELUARGA DI DESA AMBULU LOSARI CIREBON))
11220036_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU SUAMI YANG DITINGGAL ISTERI MENJADI TENAGA KERJA WANITA KE LUAR NEGERI (STUDI KASUS PADA LIMA KELUARGA DI DESA AMBULU LOSARI CIREBON))
11220036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurul Widayatri “Perilaku Suami Yang di Tinggal Istri menjadi Tenaga kerja Wanita ke Luar Negeri (Studi kasus pada lima keluarga di Desa Ambulu Losari Cirebon)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang dari penelitian ini adalah kepergian seorang istri membuat beban tersendiri bagi seorang suami dan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap perilakunya, karena seorang suami seolah-olah kehilangan tanggung jawabnya sebagai kepala rumah tangga. Selain itu seorang suami juga akan kehilangan keharmonisan dalam keluarga, seperti hubungan yang efektif suamiistri, sehingga beban yang dirasakan suami semakin terasa berat karena dia juga harus mampu berperan ganda selain sebagai kepala rumah tangga juga harus berperan sebagai ibu untuk anak-anaknya, dia juga harus mampu menyelesaikan masalah-masalahnya baik masalah yang terjadi pada dirinya maupun keluarganya, selain dari pada itu dia harus mampu memenuhi kebutuhan anak-anaknya dan kebutuhan dirinya sendiri seperti kebutuhan kasih sayang, biologis, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku suami yang di tinggal istri menjadi TKW ke luar negeri dan apa saja masalah-masalah yang di alaminya serta untuk mengetahui bagaimana cara suami yang di tinggal istri menjadi TKW ke luar negeri dalam menyelesaikan permasalahannya. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif bersifat diskriptif . Hasil penelitian ini adalah adanya perubahan perilaku yang terjadi pada suami setelah ditinggal istri bekerja menjadi TKW keluar negeri, seperti kurang memperhatikan anaknya, tidak suka berkumpul dengan tetangga sekitar, sering keluar malam, suka memukul anaknya, tidak mengakui anaknya dan susah untuk merawat anak, hal itu disebabkan beberapa faktor yaitu faktor internal dari dalam diri seperti rasa kesepian, keturunan, dan kebutuhan akan rasa aman, faktor eksternal seperti lingkungan, teman sebaya, ekonomi, kurangnya pengetahuan merawat dan mendidik anak, dan terakhir faktor keagamaan seperti tingkat keagamaan yang rendah, shalat, dan puasa. Dari masalah-masalah yang dialami oleh bapak A, C, D, F dan K diselesaikan berdasarkan anjuran Agama Islam yaitu dengan cara kekeluargaan seperti musyawarah dengan menghadirkan keluarga dari kedua belah pihak baik pihak istri maupun suami. Dan meminta bantuan terhadap orang yang lebih mengerti tentang masalah yang di alami. Untuk menyelesaikan segala permasalahan yaang terjadi terhadap perilaku suami yang ditinggal istri menjadi TKW ke luar negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, M.Si
Uncontrolled Keywords: Key Word: Perubahan perilaku, faktor yang mempengaruhinya, penyelesaian masalah.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jun 2015 08:43
Last Modified: 16 Jun 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum