BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENGATASI PERILAKU DELINKUENSI SISWA SMP NEGERI 2 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA

MEILILA, NIM. 11220093 (2015) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENGATASI PERILAKU DELINKUENSI SISWA SMP NEGERI 2 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENGATASI PERILAKU DELINKUENSI SISWA SMP NEGERI 2 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA)
11220093_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENGATASI PERILAKU DELINKUENSI SISWA SMP NEGERI 2 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA)
11220093_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)

Abstract

MEILILA, Bimbingan Pribadi Sosial sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Delinkuensi Siswa SMP Negeri 2 Sedayu Bantul Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa dalam masa remaja sebagai masa menemukan identitas diri yang kurang tepat sehingga menimbulkan perilaku menyimpang dari norma atau peraturan tata tertib sekolah yang disebut dengan perilaku delinkuensi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab perilaku delinkuensi siswa dan pelaksanaan bimbingan pribadi sosial sebagai upaya mengatasi perilaku delinkuensi siswa SMP Negeri 2 Sedayu. Subjek penelitian adalah 1 guru BK dan 4 siswa. Objek penelitian adalah penyebab perilaku delinkuensi siswa dan pelaksanaan bimbingan pribadi sosial sebagai upaya mengatasi perilaku delinkuensi siswa SMP Negeri 2 Sedayu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model dari Matwe G. Miles dan Michael Hiberman dengan cara menginterprestasikan data-data yang diperoleh, dengan triangulasi teknik untuk mendapatkan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab perilaku delinkuensi siswa SMP Negeri 2 Sedayu adalah kurang perhatian orang tua, kurang tertanamnya jiwa keagamaan pada siswa, lemahnya pertahanan diri dan kurang memiliki kemampuan menyesuaikan diri serta suasana lingkungan kurang kondusif. Dalam Pelaksanaan bimbingan pribadi sosial sebagai upaya mengatasi perilaku delinkuensi siswa SMP Negeri 2 Sedayu dengan metode, dan tahap pelaksanaan melalui lima tahapan yaitu, identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, pemberian bantuan atau terapi serta tahap evaluasi dan follow up. Implementasi metode langsung dan tidak langsung dalam pelaksanaannya tersebut, dapat mengatasi perilaku delinkuensi siswa di SMP Negeri 2 Sedayu dengan adanya perubahan perilaku yang lebih positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A.Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Penyebab Perilaku Delinkuensi Siswa, Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Sosial.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jun 2015 08:56
Last Modified: 29 Mar 2017 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum