PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP BERBANTUAN SWiSH Max MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SMP

DEVI ROMEITA SARI, NIM. 10600011 (2015) PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP BERBANTUAN SWiSH Max MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP BERBANTUAN SWiSH Max MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SMP)
10600011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (31MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP BERBANTUAN SWiSH Max MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SMP)
10600011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman konsep operasi hitung pecahan yang masih kurang, pemanfaatan fasilitas laboratorium komputer dan LCD, serta ketidaktersediaan CD pembelajaran operasi hitung pecahan di sekolah menjadi dasar dari penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan CD pembelajaran matematika berbasis pemahaman konsep berbantuan SWiSH Max melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada pokok bahasan operasi hitung pecahan pada siswa SMP yang berkualitas, (2) validitas CD pembelajaran matematika dilihat dari penilaian ahli materi dan media, (3) kepraktisan CD pembelajaran matematika dilihat dari respon siswa dan (4) keefektifan CD pembelajaran matematika dilihat dari hasil posttest siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Desain pengembangan yang digunakan mengadaptasi desain pengembangan Luther yang disederhanakan menjadi lima tahap yaitu pengonsepan, pendesainan, pengumpulan materi, pembuatan, dan pengujian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan media, angket respon siswa dan lembar posttest. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII MTs Negeri Seyegan Sleman yang mengikuti pembelajaran menggunakan CD pembelajaran matematika yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) CD pembelajaran matematika berbasis pemahaman konsep merupakan CD pembelajaran matematika berkualitas dengan melalui lima tahapan pengembangan. Pertama, pengonsepan (menentukan tujuan pengembangan, pengguna produk, membuat peta konsep). Kedua, pendesainan (menentukan program yang digunakan, membuat storyboard). Ketiga, pengumpulan materi (operasi hitung pecahan, pemahaman konsep, tahapan Pendekatan Keterampilan Proses, gambar, suara, musik). Keempat, pembuatan (membuat CD pembelajaran dengan SWiSH Max. Kelima, pengujian (tahap pengujian alpha dan beta), (2) validitas dilihat dari penilaian ahli materi sebesar 49 (81,67%) dan ahli media sebesar 31 (81,11%) dengan kriteria “sangat baik”; (3) kepraktisan dilihat dari respon siswa sebesar 68,32 (85,40%) dengan kriteria “sangat baik”; dan (4) keefektifan dilihat dari rata-rata posttest sebesar 90,98 yang setara dengan 3,64 (A-) dengan persentase sebesar 93,55% dengan kriteria “sangat efektif”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: CD pembelajaran matematika, pemahaman konsep, SWiSH Max, pendekatan keterampilan proses, operasi hitung pecahan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:45
Last Modified: 02 Jul 2015 01:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16219

Actions (login required)

View Item View Item