EFEKTIVITAS PENDEKATAN CTL MENGGUNAKAN METODE NHT DIKOLABORASIKAN DENGAN PERMAINAN “HOLLYWOOD SQUARE” TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

ALVI KHOIRINNISA, NIM. 10600038 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CTL MENGGUNAKAN METODE NHT DIKOLABORASIKAN DENGAN PERMAINAN “HOLLYWOOD SQUARE” TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN CTL MENGGUNAKAN METODE NHT DIKOLABORASIKAN DENGAN PERMAINAN “HOLLYWOOD SQUARE” TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
10600038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN CTL MENGGUNAKAN METODE NHT DIKOLABORASIKAN DENGAN PERMAINAN “HOLLYWOOD SQUARE” TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
10600038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode NHT dikolaborasikan permainan “Hollywood Square” dibanding pembelajaran dengan metode NHT dan pembelajaran dengan metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif, (2) efektivitas pembelajaran metode NHT dibanding pembelajaran metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif, (3) efektivitas pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode NHT dikolaborasikan permainan “Hollywood Square” dibanding pembelajaran dengan metode NHT dan pembelajaran dengan metode konvensional terhadap motivasi belajar serta (4) efektivitas pembelajaran metode NHT dibanding pembelajaran metode konvensional terhadap motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pendekatan CTL menggunakan metode NHT dikolaborasikan dengan permainan “Hollywood Square”, metode NHT dan metode pembelajaran konvensional, serta variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-VIII F MTs N Piyungan tahun ajaran 2014/ 2015, sedangkan sampel adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 dengan pendekatan CTL menggunakan metode NHT dikolaborasikan dengan permainan “Hollywood Square”, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan metode NHT dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan statistika nonparametrik, yaitu uji Kruskall-Wallis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif serta angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode NHT dikolaborasikan permainan “Hollywood Square” lebih efektif dibanding pembelajaran dengan metode NHT serta lebih efektif dibanding pembelajaran dengan metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif, (2) pembelajaran metode NHT tidak lebih efektif dibanding pembelajaran metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif, (3) pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode NHT dikolaborasikan permainan “Hollywood Square” tidak lebih efektif dibanding pembelajaran dengan metode NHT dan tidak lebih efektif dibanding pembelajaran dengan metode konvensional terhadap motivasi belajar serta (4) pembelajaran metode NHT tidak lebih efektif dibanding pembelajaran dengan metode konvensioanl terhadap motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Pendekatan CTL, Metode NHT, Permainan “Hollywood Square”, Metode Ekspositori, Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2015 08:48
Last Modified: 02 Jul 2015 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item View Item