PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN

IKA WARDANI, NIM. 11600005 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN)
11600005_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN)
11600005_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Peneliti melakukan studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Tepus dan diperoleh hasil bahwa pemahaman konsep matematika siswa masih rendah, siswa kurang memiliki kemandirian dalam belajar dan sumber belajar yang memfasilitasinya masih terbatas. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian yang bertujuan menghasilkan media belajar LAS Matematika Berbasis Kontekstual untuk Memfasilitasi Pencapaian Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pokok Prisma dan Limas yang berkualitas ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek penyajian serta untuk mengetahui respon siswa terhadap LAS yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui 3 tahapan, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan, dan ujii produk. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari angket respon, angket kemandirian, dan lembar penilaian kualitas LAS. Angket respon siswa terhadap LAS diberikan kepada 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tepus sebagai subjek penelitian. Hasil data angket berupa data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh, respon siswa terhadap LAS yang dikembangkan sangat positif atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LAS Matematika Berbasis Kontekstual tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 80%. Komponen kelayakan isi dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 81%, komponan kebahasaan dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 78%, sedangkan komponen penyajian dalam kategori sangat baik dengan persentase 81%. Ditinjau dari hasil post-test, LAS Matematika Berbasis Kontekstual berhasil memfasilitasi pencapaian pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan prisma dan limas. Hal ini dilihat dari 73,33% banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh skor post-test lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Berdasarkan hasil angket kemandirian yang diberikan kepada 30 siswa yang telah menggunakan LAS Matematika Berbasis Kontekstual dalam pembelajaran, LAS dapat memfasilitasi pencapaian kemandirian belajar siswa dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 58,57 dari skor maksimal 80. Oleh kerena itu, LAS Matematika Berbasis Kontekstual pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa (LAS), Kontekstual, Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2015 08:52
Last Modified: 27 Jan 2016 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item