PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT

AJENG NURINTASARI, NIM. 11600033 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT)
11600033_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT)
11600033_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) matematika berbasis metode penemuan terbimbing untuk memfasilitasi pencapaian pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat yang berkualitas ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek penyajian, 2) mengetahui kualitas LAS matematika berbasis metode penemuan terbimbing yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Segi Empat kelas VII SMP/ MTs, 3) mengetahui respon siswa terhadap LAS matematika berbasis metode penemuan terbimbing untuk memfasilitasi pencapaian pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji produk. Instrumen yang digunakan meliputi lembar soal post-test, lembar penilaian LAS serta angket yang terdiri dari angket respon siswa dan angket keaktifan belajar siswa. Angket respon siswa terhadap LAS diberikan kepada 32 siswa kelas VII A MTs N Yogyakarta II sebagai subjek penelitian. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dilakukan dengan tahap: pendahuluan, pengembangan, dan uji produk. 2) Kualitas Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang dikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan 83,8125%. Ditinjau dari hasil post-test, LAS matematika berbasis metode penemuan terbimbing telah berhasil memfasilitasi pencapaian pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dilihat dari 81,25% banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh skor lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Berdasarkan angket keaktifan belajar siswa, LAS matematika berbasis metode penemuan terbimbing dapat memfasilitasi pencapaian keaktifan belajar siswa dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan angket keaktifan belajar siswa adalah 65,219 dari skor maksimal ideal 80 dan presentase keidealan 81,52%. 3) Berdasarkan data yang diperoleh, respon siswa terhadap LAS yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat positif atau sangat baik. Oleh karena itu, LAS matematika dengan metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan segi empat ini telah layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa (LAS), Metode Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep, Segi Empat, Keaktifan Belajar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2015 08:55
Last Modified: 02 Jul 2015 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum