PERAN KOPERASI MAHASISWA (KOPMA) UIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

AMIN NUDIN, NIM. 08230029 (2015) PERAN KOPERASI MAHASISWA (KOPMA) UIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KOPERASI MAHASISWA (KOPMA) UIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.)
08230029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KOPERASI MAHASISWA (KOPMA) UIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.)
08230029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Koperasi merupakan gerakan ekonomi yang diharapkan menjadi lokomotif untuk menumbuhkan usaha mandiri, oleh karena itu perlu adanya usaha untuk mewujudkannya. Koperasi yang perlu digerakkan adalah KOPMA yang merupakan lembaga kemahasiswaan sekaligus lembaga ekonomi memiliki strategi pengembangan kader yang kompetitif, kreatif, berwirausaha. Selama ini lulusan perguruan tinggi terus meningkat, tetapi tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan. Pentingnya jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan hasrat, jiwa dan perilaku berwirausaha dikalangan generasi muda. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini antara lain, 1) bagaimana peran KOPMA UIN Sunan Kalijaga dalam menumbuhkan jiwa wirusaha mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2) apa kontribusi KOPMA UIN Sunan Kalijaga dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui peran KOPMA UIN Sunan Kalijaga dalam menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, 2) mengetahui apa kontribusi KOPMA UIN Sunan Kalijaga dalam menumbuhkan minat wirausaha Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Manfaat dari penelitian ini adalah 1) menambah pengetahuan bagaimana peran KOPMA UIN Sunan Kalijaga dalam menumbuhkan jiwa wirausaha khususnya terhadap mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2) menambah pengetahuan tentang apa kontribusi KOPMA UIN Sunan Kalijaga terhadap anggota KOPMA maupun mahasiswa dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 3) sebagai referensi akademik bagi KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran KOPMA, Wirausaha, Mahasiswa.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Jul 2015 08:45
Last Modified: 14 Jul 2015 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16246

Actions (login required)

View Item View Item