PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MUNIF CHATIB DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ELIS NURAPIPAH, NIM 11470152 (2015) PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MUNIF CHATIB DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MUNIF CHATIB DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MUNIF CHATIB DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (984kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi selama ini bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) masih menggunakan cara-cara yang tradisional, seperti ceramah monoton sepanjang pembelajaran berlangsung. Akibatnya hilangnya ketertarikan peserta didik akan mata pelajaran PAI. Dengan demikian, diperlukan strategi pembelajaran PAI yang mampu meningkatkan minat belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan memahami konsep pendidikan berbasis multiple intelligences Munif Chatib serta penerapannya dalam strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis-filosofis, pedagogis dan psikologi. Penelitian ini juga menggunakan dua sumber data, yakni data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Teori multiple intelligences memberikan pengertian bahwa banyaknya kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Munif Chatib mengembangkan teori multiple intelligences Howard Gardner, diantaranya untuk memberikan sebuah solusi bagi para pendidik dalam menentukan strategi pembelajaran dengan menggunakan acuan Multiple Intelligences Reseach (MIR) masing-masing siswa. (2) Pengembangan konsep multiple intelligences Munif Chatib dalam strategi pembelajaran memberikan inovasi baru bagi para pendidik dalam proses pembelajaran PAI. Di antara strategi multiple intelligences Munif Chatib tersebut adalah strategi diskusi, klasifikasi, sosiodrama, penokohan, flashcard, movie learning, dan environment learning. Kata kunci: Multiple Intelligences, Munif Chatib, PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nur Rohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Munif Chatib, PAI
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2015 10:40
Last Modified: 14 Jul 2015 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum