PERAN WALI KELAS DALAM MENGHADAPI PENGARUH NEGATIF SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA

ERNA NOVIANI, NIM 11470003 (2015) PERAN WALI KELAS DALAM MENGHADAPI PENGARUH NEGATIF SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN WALI KELAS DALAM MENGHADAPI PENGARUH NEGATIF SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN WALI KELAS DALAM MENGHADAPI PENGARUH NEGATIF SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (872kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat sehingga membawa banyak perubahan terhadap pola pikir, tingkah laku, dan gaya hidup masyarakat. Smartphone merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi dan informasi yang sangat digandrungi pada abad ini. Penggunaan smartphone tanpa pengawasan yang benar baik dari orang tua, maupun pendidik khususnya wali kelas dapat membawa dampak negatif terhadap motivasi belajar peserta didik. Maka perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan peran wali kelas dalam menghadapi pengaruh negatif smartphone terhadap motivasi belajar peserta didik. Peran wali kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta yaitu mengayomi satu kelas yang dipegangnya. Wali kelas sebagai orang tua di sekolah memiliki peran yang penting dalam menghadapi pengaruh negatif smartphone yang dapat mengganggu motivasi belajar peserta didik kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang melihat suatu objek berdasarkan fenomenafenomena yang ada. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah data, mereduksi, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smartphone memilki dampak negatif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII antara lain: kurang memperhatikan ketika di dalam kelas, media untuk mengakses konten-konten negatif, untuk bersosial media, dan menimbulkan masalah kehilangan, adanya Cyber Bullying. Peran wali kelas dalam menghadapi pengaruh tersebut adalah memberikan pendampingan terhadap penggunaan smartphone, memberikan pengarahan penggunaan smartphone yang benar, mengontrol penggunaan smartphone ketika di dalam maupun di luar kelas, memberikan teguran, dan memanggil orang tua peserta didik ke sekolah. Adapun upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan menyediakan loker di setiap ruang kelas, memasang CCTV di semua ruang kelas, mengadakan razia, melaporkan ke guru Bimbingan dan Konseling (BK), dan memberikan Skors. Hasil dari diterapkannya peran wali kelas dalam menghadapi pengaruh negatif smartphone adalah: peserta didik berpartipasi aktif, konsentrasi, mematuhi tata tertib, dan menurunnya tingkat pelanggaran smartphone. Kata kunci: Peran Wali Kelas, Pengaruh Smartphone, dan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Wali Kelas, Pengaruh Smartphone, dan Motivasi Belajar.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2015 11:10
Last Modified: 14 Jul 2015 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum