PERAN PEMUDA TANGGAP BENCANA JETISHARJO (PETABEJO) RW 07 DUSUN JETISHARJO KELURAHAN COKRODININGRATAN KECAMATAN JETIS DALAM MANAJEMEN BENCANA DI YOGYAKARTA

SAIFUL ANWAR, NIM. 11230002 (2015) PERAN PEMUDA TANGGAP BENCANA JETISHARJO (PETABEJO) RW 07 DUSUN JETISHARJO KELURAHAN COKRODININGRATAN KECAMATAN JETIS DALAM MANAJEMEN BENCANA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMUDA TANGGAP BENCANA JETISHARJO (PETABEJO) RW 07 DUSUN JETISHARJO KELURAHAN COKRODININGRATAN KECAMATAN JETIS DALAM MANAJEMEN BENCANA DI YOGYAKARTA)
11230002_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMUDA TANGGAP BENCANA JETISHARJO (PETABEJO) RW 07 DUSUN JETISHARJO KELURAHAN COKRODININGRATAN KECAMATAN JETIS DALAM MANAJEMEN BENCANA DI YOGYAKARTA)
11230002_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang termasuk rawan bencana, dan untuk menangani bencana tersebut maka diperlukan adanya peran dari seluruh masyarakat. Peran masyarakat tersebut, salah satunya dilakukan oleh Pemuda Tanggap Bencana Jetisahrjo (PETABEJO) dimana mereka adalah sekumpulan pemuda yang bersatu untuk mengatasi bencana baik di dusun Jetisharjo maupun di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Rumusan masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah peran Petabejo dalam manajemen bencana, dan juga hambatan yang mereka hadapi saat melakukan penanggulangan bencana. Tujuan serta manfaat dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran serta hambatan yang dialami oleh Petabejo dalam manajemen bencana, serta mampu memberikan manfaat bagi pemerintah, warga kampung Jetisharjo maupun bagi Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam dalam bidang kebencanaan. Prosedur pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik snowball yaitu penentum informan dengan cara prosedur networking. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, yang terdiri dari ketua RW 07, 4 anggota dari komunitas Petabejo termasuk ketuanya, dan 3 orang masyarakat sasaran, dan sebagai informan kuncinya adalah Ketua PETABEJO. Teknik pengumpulan data yang digunakann adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah peran Petabejo dalam manajemen bencana, yaitu pada masa pra bencana dengan melakukan pemantauan area bencana melalui satelit yang bekerja sama dengan BMKG, melakukan simulasi bencana yang diharapkan memberikan edukasi mengenai kebencanaan terhadap masyarakat, membuat penomoran pada badan tanggul sungai. Pada masa tanggap bencana hal yang dilakukan oleh Petabejo adalah dengan menentukan titik evakuasi korban bencana, melakukan evakuasi, dan apabila mereka ikut dengan komunitas lain untuk menanggulangi bencana, biasanya Petabejo mengikuti sistem kerja yang dimiliki oleh komunitas lain, berperan juga sebagai tenaga medis dan juga di dapur umum untuk pemenuhan logistik. Pada saat pasca bencana Petabejo melakukan pembersihan lokasi bencana bersama warga, melakukan kegiatan rehabilitasi. Adapun peran lain yang dimiliki oleh Petabejo diluar kebencanaan yaitu melakukan pendataan dan pendonoran darah, dan membantu kegiatankegiatan yang dilakukan oleh warga setempat. Selain membahas mengenai peran PETABEJO, peneliti juga menjelaskan mengenai hambatan-hambatan yang dihadapi oleh PETABEJO baik secara internal maupun eksternal dalam memanajemen bencana alam yang terjadi di sekitar RW 07 dan juga bencana alam di sekitar wilayah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran pekerja Sosial, bencana alam, manajemen bencana.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:48
Last Modified: 14 Jul 2015 06:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16254

Actions (login required)

View Item View Item