MANAJEMEN PRA BENCANA BANJIR OLEH KAMPUNG TANGGUH BENCANA : STUDI DI KAMPUNG JETISHARJO, KALURAHAN COKRODININGRATAN, KECAMATAN JETIS, KOTA YOGYAKARTA

KARTIKA DWILESTARI, NIM. 11230003 (2015) MANAJEMEN PRA BENCANA BANJIR OLEH KAMPUNG TANGGUH BENCANA : STUDI DI KAMPUNG JETISHARJO, KALURAHAN COKRODININGRATAN, KECAMATAN JETIS, KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PRA BENCANA BANJIR OLEH KAMPUNG TANGGUH BENCANA : STUDI DI KAMPUNG JETISHARJO, KALURAHAN COKRODININGRATAN, KECAMATAN JETIS, KOTA YOGYAKARTA)
11230003_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PRA BENCANA BANJIR OLEH KAMPUNG TANGGUH BENCANA : STUDI DI KAMPUNG JETISHARJO, KALURAHAN COKRODININGRATAN, KECAMATAN JETIS, KOTA YOGYAKARTA)
11230003_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang berada di dalam Ring Of Fire (Cincin Api), hal ini dibuktikan dengan banyaknya gunung berapi di Indonesia yang berstatus aktif. Gunung-gunung berapi tersebut dapat mengalami erupsi kapan saja. Salah satu gunung berapi Indonesia yang berstatus aktif adalah Gunung Merapi yang berada di wilayah Yogyakarta. Jalur lahar dinginnya melewati salah satu sungai pembelah kota Yogyakarta yaitu Kali Code. Hal ini mengakibatkan daerah tersebut merupakan daerah rawan terjadinya bencana banjir. Oleh karena itu, memerlukan manajemen pra bencana banjir agar masyarakat dapat mengetahui strategi yang dilakukan ketika tejadi bencana. Maka didirikanlah Kampung Tangguh Bencana di wilayah Jetisharjo, salah satu kampung yang berada di bantaran Kali Code. Dalam manajemen pra bencana banjir tujuan yang diinginkan adalah kesiapsiagaan. Untuk mencapai kesiapsiagaan maka dibutuhkan adanya manajemen yang digunakan untuk memberikan pengarahan kepada warga. Dengan demikian peneliti merumuskan masalah, bagaimanakah manajemen pra bencana banjir yang dilakukan oleh Kampung Tangguh Bencana Jetisharjo ?. Dengan rumusan permasalahan tersebut peneliti mengkaji Manajemen Pra Bencana Banjir yang dilakukan oleh Kampung Tangguh Bencana di Kampung Jetisharjo, Kalurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta ini. Dengan tujuan mampu mendeskripsikan manajemen yang dilakukan oleh Kampung Tangguh Bencana tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tehnik kualitatif. Peneliti mendeskripsikan manajemen yang dilakukan di Kampung Tangguh Bencana Jetisharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik wawancara yang digunakan peneliti menggunakan terstruktur dan tak terstuktur. Analisis keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi teknik, yaitu dengan membandingkan temuan lapangan dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan lapangan yang peneliti peroleh, bahwa manajemen pra bencana banjir yang dilakukan oleh Kampung Tangguh Bencana Jetisharjo, Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta meliputi: Perencanaan, Analisis resiko, ancaman, kerentanan dan kapasitas bencana, Pembuatan peta kebencanaan dan tahap evakuasi, mitigasi kebencanaan banjir, simulasi bencana banjir serta kesiapsiagaan. Hal tersebut telah dilakukan oleh pihak Kampung Tangguh Bencana dampingan BPBD Kota Yogyakarta. selain itu, Kampung Tangguh Bencana juga mendapatkan bantuan alat-alat penyelamatan dari pihak Pemerintahan dan BPBD Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pra Bencana, Kampung Tangguh Bencana.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Jul 2015 13:58
Last Modified: 14 Jul 2015 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item