MENGGERAKKAN PENGANGGURAN MENJADI WIRAUSAHA : STUDI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS KEWILAYAHAN(PEW) DI KAMPUNG JOGOYUDAN KELURAHAN GOWONGAN KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA

RESTIA ZULFA LAILA, NIM. 11230004 (2015) MENGGERAKKAN PENGANGGURAN MENJADI WIRAUSAHA : STUDI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS KEWILAYAHAN(PEW) DI KAMPUNG JOGOYUDAN KELURAHAN GOWONGAN KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENGGERAKKAN PENGANGGURAN MENJADI WIRAUSAHA : STUDI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS KEWILAYAHAN(PEW) DI KAMPUNG JOGOYUDAN KELURAHAN GOWONGAN KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA)
11230004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENGGERAKKAN PENGANGGURAN MENJADI WIRAUSAHA : STUDI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS KEWILAYAHAN(PEW) DI KAMPUNG JOGOYUDAN KELURAHAN GOWONGAN KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA)
11230004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “MENGGERAKAN PENGANGGURAN MENJADI WIRAUSAHA :Studi Program Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Kewilayahan(PEW) di Kampung Jogoyudan Kelurahan Gowongan Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta”, dalam penelitian ini penulis meneliti bagaimana modal sosial yang dimiliki masyarakat khususnya Kampung Jogoyudan RW 12 RT 47 melalui program PEW. Penelitian ini didasari dengan dua teori yaitu teori modal sosial dan teori Need achievement (N-Ach) atau dorongan untuk berwirausaha. Teori modal sosial tersebut merujuk kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok PEW yang memiliki Modal Sosial baik, sehingga kekuatan dalam kelompok tersebut yang dapat mengimbangi program pemerintah yang diberikan kepada masyarakat. Sedangkan teori N-Ach dorongan berwirausaha yaitu teori yang merujuk kepada motivasi berwirausaha yang dimiliki anggota kelompok PEW. Metode yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan sasaran penelitian secara apa adanya, menganalisa data yang telah terkumpul dalam pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian penulis untuk mengetahui kesuksesan pengangguran menjadi wirausaha melalui program PEW melaui modal sosial yang dimiliki kelompok, jaringan yang menjadi kekuatan untuk membantu anggota kelompok PEW untuk keluar dari masalah pengangguran, serta untuk mengetahui motivasi berwirausaha yang dimiliki anggota kelompok PEW untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini dilakukan dari Tanggal 24 Febuari sampai 24 Mei 2015 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abdur Rozaki M.Si
Uncontrolled Keywords: PEW, Modal sosial, N-Ach motivasi berwirausaha
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Jul 2015 14:12
Last Modified: 14 Jul 2015 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16256

Actions (login required)

View Item View Item