PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK BERBASIS ZAKAT PRODUKTIF OLEH DPU-DT ( DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID) DI YOGYAKARTA STUDI KASUS MISYKAT FASTABIQUL KHOIROT WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA

ROSADI, NIM. 11230008 (2015) PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK BERBASIS ZAKAT PRODUKTIF OLEH DPU-DT ( DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID) DI YOGYAKARTA STUDI KASUS MISYKAT FASTABIQUL KHOIROT WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK BERBASIS ZAKAT PRODUKTIF OLEH DPU-DT ( DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID) DI YOGYAKARTA STUDI KASUS MISYKAT FASTABIQUL KHOIROT WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA)
11230008_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK BERBASIS ZAKAT PRODUKTIF OLEH DPU-DT ( DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID) DI YOGYAKARTA STUDI KASUS MISYKAT FASTABIQUL KHOIROT WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA)
11230008_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (941kB)

Abstract

Keberdayaan adalah sebuah taraf hidup yang di idam-idamkan bagi semua orang khususnya para masyarakat menengah kebawa atau biasa dikenal miskin. Satu bukti bahwa salah satu swadaya pengumpul zakat yang telah mencoba dalam mengatasi permasalah kemiskinan itu dalam programnya yaitu pemberdayaan ekonomi mustahik yang dilaksanakan oleh salah satu program filantropi Islam yang bernama MiSykat di bawah naungan Dompet Peduli Umat (DPU) Daarut Tauhiid Yogyakarta yang berdampak pada ekonomi mustahik sesudah adanya program tersebut. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini, Perama, Bagaimana pemberdayaan ekonmi mustahik berbasis zakat produktif pada MiSykat Fastabiqul Khoirot DPU-DT Yogyakarta di Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta?. Kedua, bagaimana dampak pemberdayaan ekonomi berbasis zakat produktif oleh DPU-DT terhadap ekonomi mustahik yang bergabung dalam MiSykat Fastabiqul Khoirot di Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penulisan laporan analisis deskriptif. Studi dokumentasi, Observasi dan wawancara adalah teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yang diangkat diatas yang kemudian di interpretasikan sesuai dengan fenomena masalah-masalah yang ditemukan di lapangan. Dokumentasi baik dari literatur tertulis dan bentuk lainnya digunakan untuk memperkuat analisis hasil penelitian. Adapun subjek yang diteliti adalah anggota binaan MiSykat pada majelis Fastabiqul Khoirot Kampung Jati Desa Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul KotaYogyakarta . Melalui analisis data diatas hasil penelitian ini diketahui terdapat dua temuan penelitian: Pertama, bahwa pemberdayaan ekonomi Mustahik berbasis zakat produktif dalam program MiSykat sangat berperan dalam upaya mengembangkan pengetahuan anggota dalam hal pengelolaan keuangan usaha-usaha anggota, saling membantu atau peka antar sesam serta mampu menanamkan nilai-nilai hidup yang baik di dalam kehidupam bermasyarakat seperti jujur, hidup hemat dan kerja keras. Kedua, berdampak pada pengembangkan anggotanya seperti peningktan penghasilan keluarga, peningkatan penghasilan usaha, peningkatan keterampilan dan skill dan membentuk karakter anggota yang baik. Semua itu dibingkai dalam satu wadah yaitu majelis MiSykat dengan cara mendorong, memotivasi, serta membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi sebuah tindakan yang nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.H. Afif Rifai, M.S.
Uncontrolled Keywords: Mustahik, Zakat Produktif dan MiSykat.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Jul 2015 08:37
Last Modified: 15 Jul 2015 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16258

Actions (login required)

View Item View Item