PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH ASOSIASI JALUR SUKSES (AJS) MELALUI BUDIDAYA JALAK SUREN DI DESA JIMBUNG, KECAMATAN KALIKOTES, KABUPATEN KLATEN

HENDRIK LUKMAN HAKIM, NIM. 11230016 (2015) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH ASOSIASI JALUR SUKSES (AJS) MELALUI BUDIDAYA JALAK SUREN DI DESA JIMBUNG, KECAMATAN KALIKOTES, KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH ASOSIASI JALUR SUKSES (AJS) MELALUI BUDIDAYA JALAK SUREN DI DESA JIMBUNG, KECAMATAN KALIKOTES, KABUPATEN KLATEN)
11230016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH ASOSIASI JALUR SUKSES (AJS) MELALUI BUDIDAYA JALAK SUREN DI DESA JIMBUNG, KECAMATAN KALIKOTES, KABUPATEN KLATEN)
11230016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya jalak suren yang dilakukan oleh Asosiasi Jalur Sukses yang disingkat dengan nama AJS. Budidaya jalak suren bertujuan untuk menjaga pelestarian satwa jalak suren yang dikategorikan burung yang langka dijumpai di alam bebas. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji tentang proses pemberdayaan masyarakat melalui Budidaya Jalak Suren Oleh Asosiasi Jalur Sukses (AJS) Di Desa Jimbung, Kalikotes, Klaten. (2)Mendeskripsikan hasil dari pemberdayaan masyarakat melalui Budidaya Jalak Suren Oleh Asosiasi Jalur Sukses (AJS) Di Desa Jimbung, Kalikotes, Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan pengumpulan data. Pengambilan informan dilakukan dengan menggunakan tehnik snowball. Subyek Penelitian ini adalah Pengurus AJS, Anggota AJS, Peternak Jalak Suren, dan Masyarakat desa Jimbung. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat oleh AJS melalui budidaya jalak suren terdapat tiga tahapan dalam proses pemberdayaan Pertama penyadaran yaitu melalui getok tular, ajakan melalui media sosial facebook dan pemberian contoh keberhasilan. Kedua memberikan pembekalan pelatihan keterampilan tentang tata cara berternak jalak suren. Ketiga partisipasi masyarakat dalam mengembangkan budidaya jalak suren. Hasil Pemberdayaan melalui budidaya jalak suren ini yang Pertama meningkatkan penghasilan masyarakat. Kedua mengurangi tingkat pengangguran, Ketiga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Keempat membantu dalam pelestarian satwa, Kelima membantu membiayai kegiatan sosial keagamaan di TPA HAMAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Moh. Abu Suhud M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Budidaya Jalak Suren, Asosiasi Jalur Sukses.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Jul 2015 07:04
Last Modified: 15 Jul 2015 07:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16260

Actions (login required)

View Item View Item