UPAYA PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SD N KLEDOKAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

IKA ISWANDARI, NIM 10470040 (2015) UPAYA PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SD N KLEDOKAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SD N KLEDOKAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SD N KLEDOKAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (810kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena bahwa minat baca siswa di SD N Kledokan masih memprihatinkan. Minat baca masih menjadi masalah lantaran rendahnya minat baca pada anak. Hal ini disebabkan oleh kurangnya rasa cinta anak terhadap perpustakaan. Anak-anak lebih suka menonton televisi dari pada membaca buku dan semakin canggihnya teknologi informasi membuat orang tidak memiliki waktu dan malas untuk membaca. Gemar membaca ini tergolong masalah klasik yang dalam perkembangan terakhir masih tampak sebagai persoalan aktual dan menarik untuk dikaji lebih mendalam. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui minat baca pada anak usia sekolah dasar; (2) mengetahui upaya yang dilakukan pustakawan untuk menumbuhkan minat baca pada anak; (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan minat baca pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD N Kledokan semester genap tahun ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dokumentasi dan triangulasi. Data selanjutnya diolah berdasarkan teknik analisa data yang ditetapkan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Keadaan minat baca anak usia sekolah dasar negeri Kledokan masih terbilang rendah. Hal ini dapat dilihat dari ketika jam istirahat anak lebih suka bermain dari pada berkunjung ke perpustakaan, selain itu ketika jam kunjung perpustakaan mereka bukannya membaca tetapi bermain-main di perpustakaan. Hal ini disebabkan karena pengaruh lingkungan seperti dari gaya hidup masyarakat disekitarnya yang suka menonton televisi dan semakin canggihnya teknologi informasi; (2) Upaya yang dilakukan oleh pustakawan dalam menumbuhkan minat baca melalui berbagai cara yaitu pemberian hadiah, menata ulang ruang baca perpustakaan, meningkatkan pelayanan perpustakaan, menambah koleksi baru, membuat jadwal pustakawan cilik, dan memberikan penghargaan kepada siswa yang rajin ke perpustakaan; (3) Faktor-faktor pendukung pengembangan minat baca diantaranya dari pustakawan dan guru, warga sekitar dan juga kesadaran dari siswa tentang pentingnya membaca buku. Sedangkan faktor penghambat pengembangan minat baca diantaranya minimnya fasilitas ruang baca perpustakaan, kurangnya dana pengembangan minat baca, dan kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya membaca. Kata kunci: Pustakawan sekolah, Minat baca, Kegiatan membaca anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pustakawan sekolah, Minat baca, Kegiatan membaca anak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 07:43
Last Modified: 23 Jul 2015 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum