PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA PEMBERIAN LAYANAN MAHASISWA DIFABEL DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

YUNI SETYAWATI 03230003, (2008) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA PEMBERIAN LAYANAN MAHASISWA DIFABEL DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA PEMBERIAN LAYANAN MAHASISWA DIFABEL DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DAN UPAYA PEMBERIAN LAYANAN MAHASISWA DIFABEL DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini sebagai salah satu upaya untuk mengkaji lebih dalam tentang problematika yang dihadapi oleh mahasiswa difabel di UIN Sunan Kalijaga dalam menjalankan aktivitas pembelajaran di kampus. Skripsi ini diharapkan bisa memberikan pemahaman bagi mahasiswa non-difabel, dosen, pegaai dan lingkungan civitas akademik untuk tidak membiarkan begitu saja kesulitankesulitan yang difabel alami. Skripsi ini juga diharapkan bisa menjadi semangat untuk menciptakan lingkungan kampus yang ramah difabel sebagai lembaga pendidikan inklusi. Sebuah pendidikan yang mengintegrasikan antara mahasiswa difabel dan non-difabel. Pendidikan inklusi yang memberikan porsi yang sama bagi para mahasiswa tanpa terkecuali, menyatukan mahasiswa difabel dengan mahasiswa non-difabel dalam satu kelas, yang tujuannya untuk mengembangkan orientasi dan mobilitas difabel. Mahasiswa difabel yang dianugerahi oleh Allah dengan kemampuan yang berbeda dalam hal penglihatan tidak membuat mereka patah semangat dalam mencari ilmu ataupun mengembangkan potensi yang ia miliki. Walaupun mereka memiliki hambatan dalam penglihatannya namun problem tersebut bisa mereka atasi dengan baik. Sebagai bagian kecil/minoritas di UIN Sunan Kalijaga, mereka memiliki karakteristik yang cukup banyak berkaitan dengan kedifabelannya. Fasilitas yang ada seperti komputer dan bangunan sebagai faktor pendukung saat ini belum memenuhi standar bagi mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar UIN Sunan Kalijaga. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sebagai hasil, UIN Sunan Kalijaga yang menerapkan pendidikan inklusi memberikan ruang baru bagi mereka dengan adanya PSLD (Pusat Studi dan Layanan Difabel) UIN sunan Kalijaga untuk membantu mempermudah mahasiswa difabel dalam akses di kampus. Penyediaan alat-alat yang aksesibel dan relawan pendamping untuk reading service dan lainnya. Mahasiswa difabel di UIN Sunan kalijaga memiliki beberapa problematika baik yang berkaitan dengan dirinya sendiri, dosen dan fasilitas yang ada. Namun dari beberapa problem tersebut sudah dapat mereka atasi dengan baik. Dengan adanya fasilitas-fasilitas yang sudah cukup aksesibel, mereka memanfaatkan dengan baik dan mengembangkan potensi yang mereka miliki. PSLD juga mengadakan kegiatan-kegiatan penunjang bagi mereka untuk meningkatkan intelektual mereka. Dari problem yang mereka hadapi, dosen dan pegawaipun berusaha memberikan fasilitas yang memudahkan mereka dalam belajar dikampus. Akhirnya diharapkan para mahasiswa difael dapat mandiri dan tidak tergantung lagi pada orang lain serta memiliki orientasi dan mobilitas yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Andayani, SIP, MSW,
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa difabel
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 13:23
Last Modified: 18 Nov 2015 02:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item