UPAYA PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU BIDANG AKADEMIK KECAMATAN BRUNO PURWOREJO JAWA TENGAH

KHAFIDOTUL QIROMAH, NIM. 11470142 (2015) UPAYA PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU BIDANG AKADEMIK KECAMATAN BRUNO PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU BIDANG AKADEMIK KECAMATAN BRUNO PURWOREJO JAWA TENGAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU BIDANG AKADEMIK KECAMATAN BRUNO PURWOREJO JAWA TENGAH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui mengetahui upaya supervisor untuk meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik di Sekolah Dasar Kecamatan Bruno. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi pendidikan di Sekolah Dasar kecamatan Bruno. Layanan terhadap pendidik merupakan penentu keberhasilan dalam proses pendidikan, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik dan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Layanan yang diberikan terhadap pendidikan yaitu berupa layanan supervisi. Penelitian dilaksanakan di kantor UPT P dan K Dikbudpora Kecamatan Bruno Purworejo Jawa Tengah, dengan mengambil subyek penelitian Supervisor Pendidikan, Guru atau pendidik di sekolah Dasar, Peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengambil latar belakang pelaksanaan pengawas sekolah sebagai supervisor pendidikan. Semuanya akan diteliti secara mendalam dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif kualitatif dengan menyajikan data yang diperoleh oleh peneliti dengan menggunakan bentuk tulisan dan gambar serta penjelasan yang sesuai dengan keadaan yang dialami atau apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Upaya yang dilakukan supervisor dalam meningkatkan mutu bidang akademik sudah cukup baik dan berjalan dengan lancar dalam melakukan pembinaan, hal ini terjadi dikarenakan supervisor melakukan tugasnya sesuai dengan prosedural yang sesuai dengan konsep dan dasar supervisi, serta pengembangan guru telah diusahakan oleh supervisor dengan mengikut sertakan guru mengikuti kegiatan akademik di luar sekolah seperti seminar dan diklat. (2). Faktor pendukung pelaksanaan supervisor yaitu adanya motivasi yang tinggi dalam diri supervisor untuk meningkatkan mutu pendidikan, peran aktif guru ketika pelaksanaan kunjungan kelas maupun pendampingan, gedung pembelajaran yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Faktor penghambatnya yaitu beban supervisor terlalu banyak bukan hanya melakukan supervisi akademik saja, tetapi juga supervisi manajerial, beban kerja terlalu banyak dengan harus melakukan pengawasan di 28 sekolah dasar serta TK dan MI, letak sekolah telalu jauh dari perkotaan dan sulitnya jalan menuju sekolah: Kata kunci : Supervisi Pendidikan, Peningkatan Mutu Bidang Akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Supervisi Pendidikan, Peningkatan Mutu Bidang Akademik
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 07:56
Last Modified: 23 Jul 2015 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum