PERAN IBU DUKUH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : STUDI PENGORGANISASIAN KEBUN GIZI MANDIRI DUSUN KARET, DESA PLERET, KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL

IDAN RAMDANI, NIM. 11230041 (2015) PERAN IBU DUKUH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : STUDI PENGORGANISASIAN KEBUN GIZI MANDIRI DUSUN KARET, DESA PLERET, KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN IBU DUKUH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : STUDI PENGORGANISASIAN KEBUN GIZI MANDIRI DUSUN KARET, DESA PLERET, KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL)
11230041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN IBU DUKUH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : STUDI PENGORGANISASIAN KEBUN GIZI MANDIRI DUSUN KARET, DESA PLERET, KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL)
11230041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pertanian merupakan sumber kehidupan bagi sebagian penduduk, sebagai kebutuhan kerumahtanggaan dan kebutuhan dasar industri kecil. Dengan bertambahnya kebutuhan dan meningkatnya teknologi, petani dihadapkan dengan pemilihan alternatif guna memanfaatkan sumber daya yang terbatas jumlahnya. Maka dibutuhkan pengelolaan dan pengorganisasian untuk memaksimalkan potensi alam dengan baik. Di Dusun Karet terdapat perkumpulan ibu-ibu yang aktif dalam kegiatan pemberdayaan untuk memaksimalkan potensi alam yang dijadikan Kebun Gizi Mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan proses pemberdayaan masyarakat melalui Kebun Gizi Mandiri di Dusun Karet sehingga memperoleh penghargaan MDGs Awward 2013. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan snow balling dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Untuk menjawab rumusan masalah penulis menggunakan Teori Asset Based Community Development, Teori Peran, dan teori dampak. Informan Kunci yaitu Ibu Wartini Aryanti sebagai Objek Penelitian yaitu Ibu Dukuh Dusun Karet, kemudian Penulis dirujuk Bapak Kepala Dukuh Dusun Karet, Kepala Puskesmas Kecamatan Pleret, serta sejumlah masyarakat Dusun Karet. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat yang menggunakan lahan kosong atau tidak produktif menjadi lahan produktif yang ditanami sayur-sayuran dan buah-buahan sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh warga Dusun Karet. Adapun proses pemberdayaaan masyarakat di Dusun Karet oleh Ibu Dukuh Dusun Karet yaitu a) Munculnya Ide : dari Discovery sampai Dream, b) Perencanaan Design, : Merinci Unsur apa saja yang diperlukan, c) Menetapkan (Define) : Menggalang kekuatan Bersama, d)Pelaksanaan (Destiny) : Memastikan semua rencana sudah dilaksanakan. Ibu Dukuh Dusun Karet telah melakukan 4 peran yaitu 1) Fasilitator, pendampingan ibu-ibu kader posyandu; 2) Mediator, mancari solusi masalah yang ada; 3) Motivator, memotivasi warga untuk konsisten dalam pemeliharaan Kebun Gizi Mandiri; 4) Broker, manghubungkan kader posyandu kepasa Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan. Kegiatan pemberdayaan tersebut telah memberikan dampak kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat, aspek psikologi dan sosial masyarakat. Masyarakat Dusun Karet yang dahulu tidak sadar akan potensi alam sekitar, sekarang sudah bisa memaksimalkan potensi sumberdaya alam sekitar untuk mencapai tujuan menjadi Desa Sehat bebas gizi buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya
Uncontrolled Keywords: Kebun Gizi Mandiri, Proses Pemberdayaan Masyarakat, Peran Ibu Dukuh.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Jul 2015 08:14
Last Modified: 23 Jul 2015 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16273

Actions (login required)

View Item View Item