PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK USIA 6-12 TAHUN (STUDI KASUS IBU-IBU YANG BEKERJA DI PABRIK KAYU LAPIS DUSUN GROGOL KUTOANYAR TEMANGGUNG JAWA TENGAH)

MAHDUM IBRAHIM, NIM. 10470055 (2015) PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK USIA 6-12 TAHUN (STUDI KASUS IBU-IBU YANG BEKERJA DI PABRIK KAYU LAPIS DUSUN GROGOL KUTOANYAR TEMANGGUNG JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK USIA 6-12 TAHUN (STUDI KASUS IBU-IBU YANG BEKERJA DI PABRIK KAYU LAPIS DUSUN GROGOL KUTOANYAR Temanggung Jawa Tengah))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK USIA 6-12 TAHUN (STUDI KASUS IBU-IBU YANG BEKERJA DI PABRIK KAYU LAPIS DUSUN GROGOL KUTOANYAR Temanggung Jawa Tengah))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Ibu Yang Bekerja Di Pabrik Kayu Lapis Dalam Pendidikan Agama Bagi Anak Usia 6-12 Tahun Di Duun Grogol Kutoanyar Temanggung Jawa Tengah dan pelaksanaan pendidikan agama bagi anak ketika ibu bekerja. Hasil Penelitian Ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran akan pentingnya pendidikan agama bagi anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar belakang ibu yang bekerja di pabrik kayu lapis di Dusun Grogol Kutoanyar Temanggung Jawa Tengah dengan jam kerja Sembilan jam dengan shift siang dan shift malam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi. Analisis dilakukan secarasistematis dari data-data yang diperoleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, serta bahan-bahan lain. Hasil penelitian ini adalah (1) peran ibu dalam pendidikan agama bagi anak usia 6-12 tahun diantaranya; ada ibu yang benar-benar melaksanakanya sesuai peranya sebagai pendidik aktif dengan memberikan pendidikan agama kepada anaknya secara langsung dan ada yang kurang berperan aktif dalam peranya sebagai pendidik, yaitu hanya sekedar melakukan pengawasan terhadap pendidikan agama untuk anak-anaknya. Materi pendidikan agama yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pendidikan ibadah sholat, ibadah puasa, zakat, pendidikan membaca Al-Quran dan pendidikan akhlak dengan metode yang digunakan yaitu petunjuk atau nasihat, contoh atau keteladanan, latihan atau tugas, himbaun untuk berbuat baik dan menakut-nakuti dan memperhatikan kesiapan peserta didik. (2) Pelaksanaan pendidikan agama yang diterima anak ketika ibu bekerja pelaksannanya dilakukan oleh anggota keluarga lain yaitu dengan cara pengawasan terhadap anak akan pendidikan agamanya dan pelaksanaan pendidikan agama yang diterima anak ketika ibu bekerja yaitu di Tempat Pengajian Al-Qur’an. (3) Faktor pendukung dalam pendidikan agama diantaranya: adanya peran anggota keluarga, adanya TPA tempat anak memperoleh pendidikan agama, dan adanya peran lingkungan dalam pengawasan akhlak anak. Faktor penghambat: Jam kerja yang menyita waktu, kurangnya kesadaran orangtua dalam pendidikan agama anak, kesadaran pemilik usaha rental Play Station dan warung internet yang membiarkan anak bermain pada jam belajar masyarakat. Kata kunci : Peran Ibu, Pendidikan Agama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra Nadlifah. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Ibu, Pendidikan Agama
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 08:04
Last Modified: 23 Jul 2015 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16275

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum