UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT SISWA KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

MIFTAKUL AMIN, NIM 11470162 (2015) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT SISWA KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT SISWA KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT SISWA KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peserta didik mengetahui minat dan bakatnya sejak dini sehingga mereka tidak salah dalam memilih program pendidikan. Guru bimbingan dan konseling dalam hal ini memiliki peranan untuk melakukan pembinaaan terhadap peserta didiknya supaya mereka dapat mengenali minat dan bakatnya dan dapat menentukan program pendidikannya sesuai bakat yang dimiliki. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan minat dan bakat siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta dan pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang upaya guru bimbingan dan konseling dalam pembinaan minat dan bakat siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta dan pendekatan yang digunakan dalam pembinaan tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolahsekolah lain terkait pembinaan minat dan bakat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA N 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, disajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa sebagai upaya pembinaan minat dan bakat peserta didik di SMA N 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta, guru bimbingan dan konseling mengadakan berbagai program yang mencakup empat bidang bimbingan yakni bidang pribadi, belajar, karir dan sosial. program-program tersebut dalam pelaksanaannya terbagi dalam dua semester dan tertuang dalam buku program kerja tahunan bimbingan dan konseling SMA N 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Dalam pembinaan minat dan bakat, guru bimbingan dan konseling menggunakan pendekatan humanis yang memberikan kebebasan bagi siswa untuk menentukan sendiri apa yang menjadi kebutuhannya dan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Kata kunci: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Minat, Bakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zaenal Arifin, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Minat, Bakat
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 08:07
Last Modified: 23 Jul 2015 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum