SINTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KAOLINIT-ZVI (ZERO VALENT IRON) SERTA APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN DAN PEREDUKSI LOGAM Cr (VI)

UMI KULSUM, NIM. 11630027 (2015) SINTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KAOLINIT-ZVI (ZERO VALENT IRON) SERTA APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN DAN PEREDUKSI LOGAM Cr (VI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KAOLINIT-ZVI (ZERO VALENT IRON) SERTA APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN DAN PEREDUKSI LOGAM Cr (VI))
11630027_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SINTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KAOLINIT-ZVI (ZERO VALENT IRON) SERTA APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN DAN PEREDUKSI LOGAM Cr (VI))
11630027_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komposit kaolinit-ZVI (Zero Valent Iron) sebagai adsorben dan pereduksi logam berat Cr(VI) telah disintesis menggunakan metode reduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kaolinit, kaolinit-ZVI, dan ZVI serta mengetahui kinerja dari ketiga material tersebut dalam meremidiasi logam berat Cr(VI). Kaolin yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari Indonesia. Komposit kaolinit-ZVI disintesis menggunakan perbandingan Fe(III):BH4- sebesar 1:9 dan ZVI disintesis dengan perbandingan Fe(III):BH4- sebesar 1:2. Hasil analisis kualitatif menggunakan FTIR dan XRD pada kaolinit-ZVI menunjukkan bahwa fraksi kaolinit yang dimodifikasi dengan ZVI mengalami destruksi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif menggunakan XRD diketahui bahwa Fe yang terbentuk pada kaolinit-ZVI dan ZVI berturut-turut sebesar 1,60 % dan 3,18 %, senyawa besi-besi oksida seperti maghemit dan magnetit lebih mendominasi pada kedua sampel tersebut. Sedikitnya intensitas Fe pada kedua sampel menjadikan Fe tidak terlalu berpengaruh, yang mempengaruhi karakteristik dan aktivitas dari kedua sampel yaitu kaolinit dan besi oksida. Hasil analisis menggunakan GSA menunjukkan luas permukaan spesifik kaolin, kaolinit-besi oksida, dan besi oksida berturut-turut sebesar 13,29; 58,37; dan 40,99 m2/g. Modifikasi kaolinit dengan besi oksida juga menyebabkan meningkatkan volume pori dan menurunkan rerata jari pori. Kaolin, kaolinit-besi oksida, dan besi oksida diuji untuk meremidiasi logam berat Cr(VI). Pada proses aplikasi ini diketahui ketiga material tersebut dapat mengadsorpsi logam berat Cr(VI) sebesar sebesar 39,87; 70,65; dan 132,90 mg/L. Selain itu Fe pada besi oksida mampu mereduksi logam Cr(VI) menjadi Cr(III), jumlah logam Cr(III) yang tereduksi adalah sebesar 3.2 ppm

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Irwan Nugraha, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kaolin, ZVI, destruksi, modifikasi, dan remidiasi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jul 2015 09:52
Last Modified: 23 Jul 2015 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum