PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPTIKA GEOMETRIS BAGI SISWA SMA/MA

NINA HIDAYAH, NIM. 07690043 (2015) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPTIKA GEOMETRIS BAGI SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPTIKA GEOMETRIS BAGI SISWA SMA/MA)
07690043_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPTIKA GEOMETRIS BAGI SISWA SMA/MA)
07690043_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran fisika berbasis multi representasi pada materi optika geometris dan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran fisika berbasis multi representasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model IDI (Instructional Development Institute). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Banguntapan kelas X ada tujuh kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas X7 dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes penguasaan konsep, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran fisika berbasis multi representasi pada materi optika geometris dikembangkan dengan menggunakan model IDI (Instructional Development Institute) yaitu meliputi tahap define, develop, dan evaluate; (2) Pembelajaran fisika berbasis multi representasi pada materi optika geometris menunjukkan kategori sangat baik; (3) Peningkatan penguasaan konsep menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 0,73 artinya terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran fisika, multi representasi, penguasaan konsep, optika Geometris
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jul 2015 11:31
Last Modified: 23 Jul 2015 11:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum