PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI SANTRI SIAP KARYA (SSK) DI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA INDRALAYA OGAN ILIR SUMATRA SELATAN

RISKI ANGGA PUTRA, NIM. 11230043 (2015) PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI SANTRI SIAP KARYA (SSK) DI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA INDRALAYA OGAN ILIR SUMATRA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI SANTRI SIAP KARYA (SSK) DI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA INDRALAYA OGAN ILIR SUMATRA SELATAN)
11230043_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI SANTRI SIAP KARYA (SSK) DI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA INDRALAYA OGAN ILIR SUMATRA SELATAN)
11230043_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pemberdayaan santri melalui Santri Siap Karya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Tujuan penelitian ini untuk menkaji dan mendeskripsikan pemberdayaan program Santri Siap Karya (SSK) untuk meningkatkan keterampilan hidup di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga. Selanjutnya melakukan kredabilitas data menggunakan trianggulasi sumber serta melakukan analisis dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa proses pemberdyaan santri Pondok Pesantren Raudhatul Ulum melalui Santri Siap Karya (SSK) adalah auntuk peningkatan potensi yang dimiliki oleh para santri sesuai kemauan / minat mereka. Terdapat lima tahapan dalam proses pemberdayaan Pertama pendidikan Islam terpadu yaitu melalui jalur madrasah yang dikelola oleh pengurus madrasah, Kedua kekeluargaan berjenjang yaitu melalui pembinaan diasrama yang dibina oleh pengurus asrama, Ketiga penyadaran yaitu melalui ajakan, berdialog dengan memberikan motivasi, Keempat memberikan pembekalan pelatihan Raudhatul Ulum Post, keterampilan TVRU & Radio Ru, keterampilan Menjahit, keterampilan Masakan Kuliner Palembang pempek, keterampilan beternak ikan, Kelima pengelompokkan bakat masing-masing santri. Sedangkan keterampilan melalui Santri Siap Karya santri adalah dapat menambah wawasan santri tentang dunia usaha khususnya dalam memproduksi dan memasarkan produk. Selain itu, juga menjadikan santri menjadi lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Afif Rifa’I, M.S
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Santri Siap Karya.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Jul 2015 06:16
Last Modified: 23 Jul 2015 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16303

Actions (login required)

View Item View Item