PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA DLINGO KECAMATAN DLINGO, KABUPATEN BANTUL D.I. YOGYAKARTA

MINARDI, NIM. 11230044 (2015) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA DLINGO KECAMATAN DLINGO, KABUPATEN BANTUL D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA DLINGO KECAMATAN DLINGO, KABUPATEN BANTUL D.I. YOGYAKARTA)
11230044_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA DLINGO KECAMATAN DLINGO, KABUPATEN BANTUL D.I. YOGYAKARTA)
11230044_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Peran Pemerintah Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sangat penting dan sangat berpengaruh dalam pembangunan, pengembangan dan untuk memajukan suatu desa. Namun dalam kenyataannya, masih banyak pemerintah desa yang belum menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pejabat desa. Peran yang dapat dilakukan oleh pemerintah desa untuk membangun, mengembangkan dan untuk memajukan desanya dapat dengan cara menjadikan dirinya sebagai fasilitator, broker, mediator ataupun dengan cara motivator bagi masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif, tehnik yang digunakan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran serta dampak terhadap masyarakat dari peran yang dilakukan oleh pemerintah desa di Desa Dlingo Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta. Selanjutnya melakukan kredibilitas data menggunakan trianggulasi sumber serta melakukan analisis dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dlingo adalah terdapat empat peran Pertama sebagai fasilitator berupa pemberian subsudi/dana untuk setiap kegiatan, pembuatan fasilitas berupa tempattempat wisata, pemeberian hewan ternak kambing kepada warga yang siap untuk memelihara dan mengembangkannya, fasilitas gedung pasar yang semakin membaik, hot spot area desa gratis yang terletak di Balai Desa, Kedua sebagai broker atau penghubung dalam berwirausaha, Ketiga sebagai mediator dalam menyelesaikan masalah hutang-piutang warganya, Keempat sebagai motivator bahwa berternak kambing bukan suatu hal yang dapat merugikan melainkan menguntungkan dan mempunyai manfaat yang besar bagi mereka. Dampak terhadap masyarakat dari peran yang dilakukan oleh pemerintah Desa Dlingo yaitu masyarakat semakin yakin akan pentingnya untuk menjaga dan melestarikan budayanya, perekonomian yang semakin meningkat, mempunyai tempat untuk mencari penghasilan sehari-hari dan terbantu dengan adanya fasilitasfasilitas yang diberikan oleh pemerintah desa Desa Dlingo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos. M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah Desa, Dampak, Program Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Jul 2015 13:25
Last Modified: 23 Jul 2015 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16304

Actions (login required)

View Item View Item