DAMPAK ERUPSI MERAPI TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT: STUDI PENAMBANGAN PASIR DAN BATU DI DUSUN GUNUNG LEMAH KELURAHAN GONDOWANGI KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

HASBI HABIBULLAH, NIM. 11230045 (2015) DAMPAK ERUPSI MERAPI TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT: STUDI PENAMBANGAN PASIR DAN BATU DI DUSUN GUNUNG LEMAH KELURAHAN GONDOWANGI KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK ERUPSI MERAPI TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT: STUDI PENAMBANGAN PASIR DAN BATU DI DUSUN GUNUNG LEMAH KELURAHAN GONDOWANGI KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG)
11230045_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK ERUPSI MERAPI TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT: STUDI PENAMBANGAN PASIR DAN BATU DI DUSUN GUNUNG LEMAH KELURAHAN GONDOWANGI KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG)
11230045_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana dampak pasca erupsi Merapi terhadap perekonomian masyarakat dan bagaimana hasil dari peningkatan perekonomian masyarakat pasca erupsi Merapi di Dusun Gunung Lemah, Kelurahan Gondowangi, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengkaji dampak pasca erupsi Merapi terhadap perekonomian masyarakat di Dusun Gunung Lemah, Kelurahan Gondowangi, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.(2) Mendiskripsikan dampak dari peningkatan perekonomian masyarakat pasca erupsi Merapi di Dusun Gunung Lemah, Kelurahan Gondowangi, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang . Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan obsevasi, dokumentasi dan wawancara secara bebas dan terpimpin dengan 13 orang informan dan menggunakanTeknik Purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dampak negatif pasca erupsi Merapi di Dusun Gunung Lemah meliputi hilangnya dan rusaknya rumah, lahan yang tertutupi barang material, infrastruktur yang ada di Dusun Gunung Lemah. Dampak positif berupa usaha-usaha peningkatan perekonomian pasca erupsi Merapi yaitu meliputi adanya usaha depo, adanya penambang pasir dan batu, adanya supir dan pemilik jasa truk dan adanya usaha warung makan. (2) Dampak peningkatan perekonomian masyarakat pasca erupsi Merapi yaitu meliputi dampak ekonomi yakni terpenuhinya kebutuhan sehari-hari dan dapat menyekolahkan anak. Dampak sosial meliputi adanya interaksi antar pemilik usaha dan pekerja dan adanya tolong-menolong antar pemilik usaha dan pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Afif Rifai, M.S.
Uncontrolled Keywords: Dampak Erupsi Merapi, Peningkatan Perekonomian Masyarakat.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Jul 2015 06:39
Last Modified: 23 Jul 2015 06:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16305

Actions (login required)

View Item View Item