PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU CINTA ALAM SISWA DI SD MUHAMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA

SITI ROHMANIYAH, NIM 10470056 (2015) PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU CINTA ALAM SISWA DI SD MUHAMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU CINTA ALAM SISWA DI SD MUHAMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (70MB)
[img]
Preview
Text (PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU CINTA ALAM SISWA DI SD MUHAMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya dampak kerusakan lingkungan yang semakin parah, yang di disebabkan oleh ulah manusia, baik melalui teknologi dan perilaku manusia itu sendiri, maka dari itu pemerintah mecetuskan dan melakukan program Adiwiyata yang diperuntukkan bagi sekolah-sekolah dengan tujuan agar dapat melaksanakan upaya pemerintah menuju pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui program adiwiyata yang ada di SD Muhamadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, (2) Mengetahui bagaimana penerapan program Adiwiyata dalam meningkatkan rasa cinta alam siswa di SD Muhamadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, (3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung program Adiwiyata dalam Meningkatkan rasa cinta alam siswa di SD Muhamadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, (4) Mengetahui hasil yang sudah tercapai dari program adiwiyata dalam meningkatkan perilaku cinta alam siswa di SD Muhamadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari dokumen dan narasumber (informan). Teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Program adiwiyata ada 4 komponen, yaitu kebijakan berwawasan lingkungan yang meliputi visi, misi dan tujuan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan yang berbasis partisipasif dari berbagai pihak, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan, (2) Penerapan program adiwiyata di SD Muhamadiyah Wirobrajan 3 meliputi penerapan kurikulum berbasis lingkungan, penerapan melalui partisipasif warga sekolah, dan penerapan yang lain yaitu pengelolaan sarana dan prasarana yang mendukung lingkungan, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program adiwiyata di SD Muhamadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta meliputi adanya dukungan dari seluruh warga sekolah (Kepada Sekolah, tim adiwiyata, pendidik, karyawan dan siswa), dukungan orang tua siswa, Sarana dan prasarana, warga sekitar luar sekolah, lembaga-lembaga dan badan lingkungan hidup. Faktor penghambatnya yaitu peserta didik yang masih belum menyadari dan peduli terhadap lingkungan, keterbatasan waktu untuk melaksanakan program adiwiyata, dan kurangnya kekompakan guru, (4) Hasil yang sudah tercapai dari program adiwiyata untuk meningkatkan perilaku cinta alam siswa di SD Muhamadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta adalah siswa telah mampu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan cara piket, semutlis(Sepuluh Menit lingkungan Sekolah), membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah sesuai jenisnya, siswa mampu menanam, merawat dan melakukan pola hidup sehat. Kata kunci : Program Adiwiyata, Perilaku Cinta Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.SI
Uncontrolled Keywords: Program Adiwiyata, Perilaku Cinta Alam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2015 14:22
Last Modified: 23 Jul 2015 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum