PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA GERABAH DI DUSUN PAGERJURANG KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN

MUHAMMAD NAJIB, NIM. 11230046 (2015) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA GERABAH DI DUSUN PAGERJURANG KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA GERABAH DI DUSUN PAGERJURANG KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN)
11230046_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA GERABAH DI DUSUN PAGERJURANG KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN)
11230046_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 1998 Indonesia mengalami puncak krisis ekonomi, dan krisis tersebut sampai sekarang masih dirasakan oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang ekonominya menegah kebawah yang kehidupannya ekonominya sangat sulit. Krisis yang dialami masyarakat sudah berdampak buruk terhadap kehidupan sosial masyarakat antara lain kesehatan, pendidikan, kesempatan kerja, dan ketahanan pangan. Fokus penelitian ini yaitu Bagaimana upaya pengrajin gerabah di Dusun Pagerjurang Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui usaha kerajinan gerabah dan Bagaimana hasil dari upaya pengrajin gerabah di Dusun Pagerjurang kecamatan Wedi Kabupaten Klaten dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui usaha kerajinan gerabah Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji upaya-upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui kerajinan gerabah. (2) Mendeskripsikan hasil dari upaya peningkatan kesejahetraan ekonomi masyarakat melalui kerajianan gerabah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, tehnik pengumpulan data adalah observasi nonpartisipan, dokumentasi, wawancara bebas dan terpimpin dengan 7 orang informan, dan menggunakan tehnik snow ball (bola salju). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui kerajinan gerabah yakni meliputi upaya permodalan, upaya memilik keterampilan, upaya memiliki ruang produksi, upaya pengadaan alat produksi, dan upaya pemasaran. (2) Hasil upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui kerajinan gerabah yakni meliputi, peningkatan pendapatan, memiliki keterampilan, memberikan pekerjaan baru, membuka lapangan pekerjaan, dan mengasah kreatifitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H. Afif Rifa’I M.S
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kesejateraan Ekonomi, Kerajinan Gerabah
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Jul 2015 15:16
Last Modified: 23 Jul 2015 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16320

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum