STRATEGI RADIO SONORA YOGYAKARTA DALAM PERSAINGAN BISNIS SIARAN RADIO

ABDUL JAIZ 04210009, (2009) STRATEGI RADIO SONORA YOGYAKARTA DALAM PERSAINGAN BISNIS SIARAN RADIO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI RADIO SONORA YOGYAKARTA DALAM PERSAINGAN BISNIS SIARAN RADIO)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI RADIO SONORA YOGYAKARTA DALAM PERSAINGAN BISNIS SIARAN RADIO)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

ABSTRAK Dengan begitu pesatnya pertumbuhan jejaring radio di Indonesia melahirkan problem turunan yang cukup serius yaitu, maraknya praktik jual beli frekuensi atau jual beli radio begitu santer belakang ini. Frekuensi adalah sumber daya publik yang sangat terbatas jumlahnya, dan mempunyai nilai ekonomis dan politis yang cukup tinggi. Frekuensi seharusnya tidak boleh diperjual-belikan ia harus digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan publik. Aloksi frekuensi harus diatur oleh suatu lembaga regulasi independen (LRI) yang dipilih oleh publik. Mengenai penerapan tentang quot;Strategi Bisnis Radio Sonora Yogyakarta dalam Persaingan Bisnis Siaran Radio quot;, yakni, dengan adanya perbaikan program atau evaluasi rutin yang biasanya dilakukan perdua atau pertiga bulan sekali, melakukan trainning yang diikuti oleh para crue dan karyawan radio Sonora Yogyakarta agar lebih sesuai dengan apa yang di kekhendaki dan bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) atau profesionalisme dalam kepenyiaran (pekerjaannya) dan yang lebih di utamakan pada hal ini adalah Konsumen, Keunggulan, Kerjasama, Staf, Inovasi. Sedangkan pada persaingan bisnis siaran radio, khususnya radio Sonora Yogyakarta, dimana yang sejalan dengan format sahabat keluarga ialah radio Retjobuntung FM, sedangkan yang berlatar belakang atau berformat news atau berita adalah radio Yasika, Mega Suara, Trijaya, dan Global FM. Yang lebih signifikan, yakni, mengenai pematangan pada planning, organizing, actuating, dan controlling yang sesuai kondisi dan keadaan dengan pesaing bisnis (radio lain). Jam tayang yang menjadi bidikan di radio Sonora Yogyakarta untuk melakukan promosi atau iklan, yaitu, melakukan penawaran sponsor dalam program acara radio Sonora 97,4 FM, Yogyakarta. Proteksi atau antisipasi persainagan bisnis dan hambatannya, yang di maksud ialah untuk menghadapi kompetitor yang semakin kompetitif, maka radio Sonora Yogyakarta menciptakan Inovasi-inovasi, ide-ide kreatif dan komunikatif, sehingga mendapatkan respon atau menarik klien bisnis, mendapatkan tempat di hati dari para audien, sponsor, serta instansi swasta atau pun pemerintahan untuk beriklan di radio Sonora Yogyakarta. Hambatan dan rintangan yang di hadapi dalam pelaksanaan bisnis siaran ini berupa, ada yang fear ataupun sebaliknya yang mengarah pada persaingan tidak kompetitif. Seperti belum adanya suatu kesepakatan antar stasiun radio mengenai harga dalam suatu tayangan iklan dan yang terkena imbasnya baik secara langsung ataupun tidak adalah stasiun yang bersangkutan, keterbatasan konsumen atau pebisnis untuk mengetahui seberapa % (persenkah) dari suatu harga iklan pada stasiun radio tersebut. Jenis iklan di radio Sonora Yogyakarta, yakni, Talk Show Komersil, Spot Iklan Reguler, Adlibs Iklan Reguler. Sedangkan bentuk promosi di radio Sonora Yogyakarta, yaitu, Kerjasama; kerjasama langsung dan tidak langsung, serta komersil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Khoiro Ummatin, S.Ag, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2012 12:00
Last Modified: 27 Dec 2016 02:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item