PROFIL IBU ANI LESTARI DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MELALUI HOME INDUSTRY NUTRISI KEDELAI (NUTRIDEL) DI DUSUN SONOKULON, DESA MERDIKOREJO, KECAMATAN TEMPEL, KABUPATEN SLEMAN, D.I.YOGYAKARTA

ISMAN ZARKASI, NIM. 11230075 (2015) PROFIL IBU ANI LESTARI DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MELALUI HOME INDUSTRY NUTRISI KEDELAI (NUTRIDEL) DI DUSUN SONOKULON, DESA MERDIKOREJO, KECAMATAN TEMPEL, KABUPATEN SLEMAN, D.I.YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFIL IBU ANI LESTARI DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MELALUI HOME INDUSTRY NUTRISI KEDELAI (NUTRIDEL) DI DUSUN SONOKULON, DESA MERDIKOREJO, KECAMATAN TEMPEL, KABUPATEN SLEMAN, D.I.YOGYAKARTA)
11230075_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROFIL IBU ANI LESTARI DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MELALUI HOME INDUSTRY NUTRISI KEDELAI (NUTRIDEL) DI DUSUN SONOKULON, DESA MERDIKOREJO, KECAMATAN TEMPEL, KABUPATEN SLEMAN, D.I.YOGYAKARTA)
11230075_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mayoritas masyarakat Indonesia bermata pencaharian petani, buruh dan masyarakat perdesaan (rural society) adalah identik dengan kehidupan bertani, yang mana masyarakatnya mayoritas bermata pencaharian bertani atau bertani sebagai gaya hidup Pekerjaan seperti ini masih banyak yang dilakukan dan diminati oleh masyarakat akan tetapi masyarakat kurang kreatif dalam pengembangan sehingga tidak sedikit masyarakat yang kekurangan dalam perekonomiannya. Hubungan industri rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga adalah bahwa dengan adanya industri di daerah pedusunan sangat bermanfaat besar sekali terutama dalam peningkatan pendapatan keluarga dan dalam menampung tenaga kerja yang sangat besar yang artinya: masyarakat di pedusunan sebagian bermata pencaharian sebagai petani, maka dengan adanya industri rumah tangga pedusunan dapat meberikan pekerjaan sampingan yang dapat menambah pendapatan keluarga dan masyarakat sekitar. Fokus penelitian ini yaitu Bagaimana proses dari upaya peningkatan ekonomi yang dilakukan oleh Ibu Ani Lestari melalui Home Industry Nutridel. Dan Bagaimana hasil dari upaya peningkatan ekonomi yang dilakukan Ibu Ani Lestari melalui Home Industri Nutridel. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji proses upaya Ibu Ani Lestari melalui Home industri Nutridel dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di dusun Sonokulon Merdikorejo Tempel Sleman DIY. (2) Mendeskripsikan hasil yang dicapai Ibu Ani Lestari dan masyarakat di dusun Sonokulon Merdikorejo dalam upaya peningkatan ekonomi masayarakat melalui Home Industri Nutridel. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data adalah observasi tidak terstruktur, dokumentasi, wawancara bebas dan terpimpin, dan menggunakan tehnik purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Profil Ibu Ani Lestari dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui Home Industry Nutridel yakni meliputi: profil Ibu Ani Lestari, upaya membangun kesadaran diri, upaya melakukan pembelajaran, upaya pembuatan label produksi, upaya manajemen operasional, upaya pemasaran, upaya kepemilikan modal, upaya memiliki bahan produksi, upaya pengadaan alat produksi. (2) Hasil upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui Home Industry Nutridel Ibu Ani Lestari yakni meliputi, menyerap tenaga kerja, peningkatan pendapatan, mendapatkan pengetahuan, dan membula lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Ekonomi, Home Industry Nutridel
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Jul 2015 15:07
Last Modified: 24 Jul 2015 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum