PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DESA WISATA DI KELURAHAN KARANG TENGAH, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL

PRASTHIWI SITI SUNDARI, NIM. 11230083 (2015) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DESA WISATA DI KELURAHAN KARANG TENGAH, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DESA WISATA DI KELURAHAN KARANG TENGAH, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL)
11230083_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DESA WISATA DI KELURAHAN KARANG TENGAH, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL)
11230083_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan sejarah terbentuknya Desa Wisata Karang Tengah dan (2) mendiskripsikan proses pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Karang Tengah.Metode penelitian ini adalah kualitatifdeskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan informan menggunakan teknik purpose sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, sejarah terbentuknya Desa Wisata Karang Tengah dilatar belakangi dari pembagian lahan di area Sultan Ground dan kemudian membentuk Kelompok Tani Catur Makaryo untuk mengkoordinir pengelolaan lahan Sultan Ground serta masuknya bank BNI Yogyakarta. Setelah itu, barulah ada pemikiran agar Desa Karang Tengah dijadikan sebagai desa wisata dan pada tahun 2010 maka terbentuklah DesaWisata Karang Tengah. Sebagai tempat tujuan wisata tidak akan berjalan seimbang apabila tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Dengan melihat banyaknya potensi yang ada di Desa Karang Tengah, maka dibentuklah Desa Wisata Karang Tengah dengan sebagian besar persyaratan pembentukan desa wisata telah dipenuhi oleh Desa Wisata Karang Tengah seperti aksesbilitas yang baik, memiliki obyek yang menarik, adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah desa, adanya tenaga kerja yang memadai, beriklim sejuk dan berhubungan dengan obyek wisata lain yang sudah terkenal. Kedua, proses pemberdayaan di Desa Wisata Karang Tengah meliputi tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan dan tahap pendayaan. Tahap penyadaran yang dilakukan oleh pengelola Desa Wisata Karang Tengah adalah meliputi musyarawah warga, sosialisasi dan kunjungan atau study banding. Tahap pengkapasitasan bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat dengan mengadakan pelatihan yakni pelatihan home stay, pelatihan bahasa asing, pelatihan motif dan desain kerajinan serta pelatihan cinderamata. Tahap pendayaan yaitu masyarakat diberikan stimulus berupa pinjaman untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki dengan modal yang pinjamankan sesuai dengan kecakapan yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aziz Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Desa Wisata
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Jul 2015 08:27
Last Modified: 24 Jul 2015 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item View Item