PEMBERDAYAAN DIFABEL DAKSA OLEH BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD): STUDI DI DUSUN PIRING, DESA RIHARDONO, KECAMATAN PUNDONG, KABUPATEN BANTUL, DIY

ESTRI PURWANDARI, NIM. 11230086 (2015) PEMBERDAYAAN DIFABEL DAKSA OLEH BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD): STUDI DI DUSUN PIRING, DESA RIHARDONO, KECAMATAN PUNDONG, KABUPATEN BANTUL, DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN DIFABEL DAKSA OLEH BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD): STUDI DI DUSUN PIRING, DESA RIHARDONO, KECAMATAN PUNDONG, KABUPATEN BANTUL, DIY)
11230086_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN DIFABEL DAKSA OLEH BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD): STUDI DI DUSUN PIRING, DESA RIHARDONO, KECAMATAN PUNDONG, KABUPATEN BANTUL, DIY)
11230086_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini tentang pemberdayaan para difabel daksa dimana difabel daksa adalah mereka yang memiliki anggota tubuh tidak sempurna. Selain keterbatasan fisik, para difabel daksa memiliki keterbatasan tambahan, keterbatasan dalam akses publik, informasi, maupun lapangan pekerjaan yang setara dengan yang lainnya. Sehingga pemberdayaan bagi para difabel daksa adalah sangat penting, hal ini seperti yang telah dilakukan Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD), yaitu memberdayakan difabel daksa melalui rehabilitasi sosial, rehabilitasi medis, dan bimbingan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemberdayaan difabel daksa oleh balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD)?, (2) Bagaimana hasil pemberdayaan difabel daksa oleh Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD)? Sumber data penelitian ini adalah pengurus BRTPD, para penyandang disabilitas serta sumber data lain yang berfungsi untuk melengkapi data yang diperoleh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah yang pertama pemberdayaan difabel daksa yang dilakukan Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) yaitu dengan bimbingan rehabilitasi, diantaranya rehabilitasi sosial, rehabilitasi medis, dan bimbingan keterampilan. Untuk bimbingan keterampilan bagi difabel daksa ada 6(enam) macam pelatihan, yaitu design grafis, komputer, elektronika, kerajinan perak, kerajinan kulit, dan menjahit. Kedua hasil pemberdayaan melalui rehabilitasi sosial, rehabilitasi medis dan bimbingan keterampilan tersebut para difabel daksa mampu menumbuhkan rasa percaya diri dan motivasi untuk mandiri tidak bergantung pada orang lain. Selain itu mereka mempunyai modal keterampilan agar dapat digunakan dalam mencari pekerjaan maupun membuka usaha sendiri nantinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto. S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Tunadaksa, BRTPD, Rehabilitasi Sosial, Rehabilitasi Medis, Bimbingan Keterampilan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Jul 2015 16:01
Last Modified: 24 Jul 2015 16:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16346

Actions (login required)

View Item View Item