HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI REJOWINANGUN 3 KOTAGEDE YOGYAKARTA

MOH. AMIR KHOLID, NIM. 09410115 (2015) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI REJOWINANGUN 3 KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI REJOWINANGUN 3 KOTAGEDE YOGYAKARTA)
09410115_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI REJOWINANGUN 3 KOTAGEDE YOGYAKARTA)
09410115_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Amir Kholid. Hubungan Antara Kreativitas Guru PAI dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VI Di SDN Rejowinangun 3 Kota Gede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah Bahwa guru merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar siswa, bahkan sangat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar. Peran guru dalam mengembangkan potensi kognitif siswa harus menuntut aktivitas dan kreativitas dalam membentuk kompetensi pribadi peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran harus sebanyak mungkin melibatkan peserta didik, agar mereka mampu mejadi fasilitator, dan mitra belajar bagi peserta didiknya. Sehubungan dengan itu, maka untuk mengambangakan potensi kognitif siswa perlu membangun karakter guru, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil latar tempat di SDN 3 Rejowinangun 3 Kota Gede. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi.. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan melalui teknik statistik yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru PAI kelas VI SDN Rejowinangun 3 telah menunjukkan kreativitasnya dalam menyampaikan mata pelajaran kepada siswa dengan melakukan komunikasi yang aktif dengan siswa, menyampaikan materi dengan menggunakan metode yang variatif, dan mampu merespon serta menyesuaikan diri dengan kondisi siswa di kelas, dan guru menggunakan beberapa media dalam proses penyampaian materi. (2) Prestasi belajar PAI siswa kelas VI SDN Rejowinangun 3 secara umum mempunyai nilai rata-rata 80, 55 dengan predikat baik. Nilai tertinggi yang didapatkan adalah 86 dan nilai terendahnya adalah 76. (3) Ada hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VI SDN Rejowinangun 3. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kreativitas Guru, Pretasi Belajar, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:02
Last Modified: 27 Jul 2015 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum