TAREKAT SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LANJUT USIA (STUDI METODE DAN MATERI TAREKAT QADIRIYYAH WA NAQSABANDIYYAH)

AHMAD ZAENURROHMAN WAKHID, NIM. 11411021 (2015) TAREKAT SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LANJUT USIA (STUDI METODE DAN MATERI TAREKAT QADIRIYYAH WA NAQSABANDIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAREKAT SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LANJUT USIA (STUDI METODE DAN MATERI TAREKAT QADIRIYYAH WA NAQSABANDIYYAH))
11411021_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TAREKAT SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LANJUT USIA (STUDI METODE DAN MATERI TAREKAT QADIRIYYAH WA NAQSABANDIYYAH))
11411021_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD ZAENURROHMAN WAKHID. Tarekat sebagai Model Pendidikan Agama Islam pada Lanjut Usia ( Studi Metode dan Materi tarekat Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kekhawatiran terhadap realita menurunya kehidupan keagamaan para lanjut usia di zaman sekarang ini. Hal tersebut dibuktikan dengan keikutsertaanya para lanjut usia pada berbagai kasus kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini, dan telah diberitakan di berbagai media elektronik maupun media online lainya. Melihat realitas tersebut penulis sebagai intelektual muda khususnya di bidang Pendidikan Agama Islam merasa sangat iba dan tidak rela jikalau para lanjut usia terus menerus berada dalam lingkaran kehidupan yang tidak seharusnya tersebut. Sebagai bentuk tanggung jawab, penulis mencoba membantu menyelesaikan lingkaran kehidupan yang tidak seharusnya dijalani oleh para lanjut usia dengan melihat sejarah peradaban islam masa lalu yang menyebutkan adanya tarekat sebagai salah satu xlternative Pendidikan Agama Islam bagi umat islam dikala itu, lantas bagaimana apabila tarekat dijadikan sebagai model Pendidikan Agama Islam pada lanjut usia di masa kini. Dalam kesempatan ini penulis berusaha menyajikan kesesuain kebutuhan kegamaan lanjut usia dengan berbagai metode dan materi yang ada didalam tarekat, khususnya tarekat Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan berbagai dokumen-dokumen, baik buku/kitab, jurnal ilmiyah, dan lainya. Adapun analisis data dilakukan dengan cara mengorganisasikan data kedalam katergori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sinestesia, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan sehingga mudah difahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Hasil penelitian menunjukan: (1) Metode dan materi dalam tarekat Qadiriyyah wa Naqsabandiyah meliputi, Tuntunan menjadi mukmin sejati, Bai’at dan talqin, Riyadhah, Zikrullah (zikir), Khataman, Manaqiban, Muraqabah, Uzlah dan Khalwat, Ziarah. Adapun materi seperti menjalankan sholat rawatib sebagai keharusan setelah menjalankan kewajiban sholat lima waktu, melanggengkan berbagai macam shalawat (yakni: Shalawat nabi, sholwat nariyah, sholawat fatih, shalawat hajj, dan lainya) dan do’a-do’a keselamatan lainya (2) Melalui model pendidikan tarekat dengan berbagai metode disertai syarat materi, menjadikan Pendidikan Agama Islam model pendidikan tarekat menjadi kegiatan yang dibutuhkan oleh para lanjut usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Tarekat, Model Pendidikan Agama Islam, Lanjut Usia, Metode dan materi tarekat Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:07
Last Modified: 27 Jul 2015 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16355

Actions (login required)

View Item View Item