PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PERSONAL DAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA BOARDING SCHOOL PROGRAM IPA DENGAN PROGRAM KEAGAMAAN DI MAN 1 SURAKARTA

NUR HIDAYATI, NIM. 11411012 (2015) PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PERSONAL DAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA BOARDING SCHOOL PROGRAM IPA DENGAN PROGRAM KEAGAMAAN DI MAN 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PERSONAL DAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA BOARDING SCHOOL PROGRAM IPA DENGAN PROGRAM KEAGAMAAN DI MAN 1 SURAKARTA)
11411012_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PERSONAL DAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA BOARDING SCHOOL PROGRAM IPA DENGAN PROGRAM KEAGAMAAN DI MAN 1 SURAKARTA)
11411012_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUR HIDAYATI. Pengembangan Diri Peserta Didik Melalui Model Personal dan Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Boarding School Program IPA dengan Program Keagamaan di MAN 1 Surakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini bahwa sistem pendidikan boarding school kini semakin diminati dan berkembang pesat. Boarding school tidak hanya berbasis agama Islam saja, namun sudah mulai memadukan unsur lain, seperti pendidikan umum, pendidikan kedisiplinan serta kegiatan pengembangan diri sehingga meluluskan siswa-siswa yang berprestasi, dan berpengetahuan luas bidang agama maupun umum. MAN 1 Surakarta menerapkan sistem boarding school , ada dua program boarding school yaitu boarding school program IPA dan program keagamaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk pengembangan diri peserta didik melalui model personal dan sosial dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada boarding school program IPA dengan program keagamaan di MAN 1 Surakarta, serta apa persamaan dan perbedaan tersebut. Tujuan dan manfaat penelitian ini yaitu bagi para praktisi pendidikan khususnya ilmu agama Islam, dapat dijadikan suatu konsep dalam melaksanakan pembelajaran yang saling menunjang antara ilmu-ilmu keagamaan dan ilmu-ilmu umum Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif/lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi gambaran, menjelaskan, dan menafsirkan data yang diperoleh dengan logika berpikir induktif, yaitu cara berpikir dari fakta atau peristiwa khusus dan konkret, lalu ditarik generalisasi atau kesimpulan yang sifatnya umum. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: boarding school program IPA peserta didik dipersiapkan secara khusus dengan kelas khusus untuk berprestasi tinggi dibidang akademik, materi yang diajarkan meliputi 70% ilmu umum dan 30% ilmu agama, bentuk pengembangan diri lebih menekankan pada penguasaan berbahasa Inggris. Sedangkan pada program keagamaan peserta didik yang memiliki konsentrasi tinggi pada pengembangan dan penguasaan agama Islam, materi yang diajarkan meliputi 70% ilmu agama dan 30% ilmu umum, program ini lebih menekankan dan berkonsentrasi pada penguasaan dalam berbahasa Arab. Perbedaan antara siswa boarding school program IPA dengan program keagamaan kaitannya dengan kegiatan pengembangan diri pada pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN 1 Surakarta siswa program keagamaan yang lebih menguasai bidang ilmu-ilmu agama karena mereka lebih banyak belajar agama dibanding ilmu umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan Diri, Model Personal dan Sosial, Boarding School
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:14
Last Modified: 27 Jul 2015 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum