INTEGRASI PENDIDIKAN NILAI DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL

ABU ROUF NUR ROMADLONI, NIM. 11411004 (2015) INTEGRASI PENDIDIKAN NILAI DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN NILAI DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL)
11411004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN NILAI DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL)
11411004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

ABU ROUF NUR ROMADLONI. Integrasi Pendidikan Nilai dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Scientific Approach di SMP Negeri 1 Playen, Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemerosotan moral dewasaa ini terjadi keran proses pembelajarancenderung mengajar sebats teks dan kurang mempersiapkan siswa untuk menyikapi dan menghadapi kehidupan yang kompetitif. Selain itu, Pendidikan Agama Islam juga dianggap menjadi salah satu pelajaran yang efektif untuk membentuk sikap peserta didik, dan mengajarkan nilai-nilai luhur agama. SMP Negeri 1 Playen adalah sekolah model yang menerapkan integrasi pendidikan nilai dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun yang menajdi rumusan masalah dalam penelitian yaitu: bagaimana konsep integrasi pendidikan nilai dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Scientific Approach dan bagaimana penerapannya di SMP Negeri 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Playen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mengurangi, mendisplay, dan kemudian menyimpulkan dengan data yang diperoleh. Dalam penarikan kesimpulan, penulis menggunakan triangulasi data data dengan cara membandingkan informasi yang diperoleh daari beberapa sumber sehingga diperoleh data yang absah. Proses berfikirnya dilakukan dengan cara menarik kesmipulan diakhir peristiwa dan fakta-fakta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep Integrasi pendidikan nilai dengan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui scientific approach di SMP Negeri 1 Playen adalah model integrasi diadik komplementer yakni model yang menganggap bahwa sains dan agama adalah sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sedangkan implementasinya terdiri dari empat tataran, yakni: institusional, konseptual, operasional, dan arsitektual/ (2) Penerapan integrasi pendidikan nilai dengan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui scientific approach di SMP Negeri 1 Playen adalah dengan melakukannya dalam proses pembelajaran didalam kelas yang didukung dengan metode dan strategi guru dalam mengajar yang disampaikan melalui pendekatan saintifik. Pemilihan metode dan strategi disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Integrasi, Pendidikan Nilai, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Scientific Approach.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2015 01:22
Last Modified: 27 Jul 2015 01:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16362

Actions (login required)

View Item View Item