ISLAM KOSMOPOLITAN DALAM PANDANGAN KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA

AMIN MAGHFURI, NIM. 11410233 (2015) ISLAM KOSMOPOLITAN DALAM PANDANGAN KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAM KOSMOPOLITAN DALAM PANDANGAN KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA)
11410233_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ISLAM KOSMOPOLITAN DALAM PANDANGAN KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA)
11410233_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Amin Maghfuri, Islam Kosmopolitan dalam Pandangan KH. Abdurrahman Wahid dan Implikasinya Terhadap Konsep Pendidikan Islam Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah berbagai fenomena yang terkait dengan keberislaman sebagian besar kaum muslim saat ini yang diekspresikan dalam sikap dan perilaku yang justru tidak mencerminkan Islam. Radikalisme dalam bentuk terorisme dan tindak kekerasan yang diperagakan oleh kelompok yang mengaku muslim serta berbagai tindakan destruktif yang mencerminkan anjloknya moral kaum muslim menjadi hal yang tumbuh subur dalam keberagamaan sekarang ini. Akibatnya, banyak kalangan mempertanyakan keberlangsungan tujuan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin serta statusnya yang shalih li kulli zaman wa makan sampai abad modern ini. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisisnya adalah menggunakan metode analisis isi (content analysis) untuk memperoleh sebuah kesimpulan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis-filosofis, karena mengkaji data-data masa lalu dan kemudian secara mendalam dikaji untuk menemukan kesimpulan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Islam kosmopolitan dalam pandangan KH. Abdurrahman Wahid merupakan gambaran Islam yang mencerminkan keluasan dan kematangan wawasan serta pandangan dalam keberislaman seseorang. Keluasan dan kematangan tersebut dapat tercermin dalam keterbukaan sikap yang dengannya akan melahirkan sifat inklusif, toleran, moderat, serta responsif terhadap perkembangan dan perubahan zaman. Islam adalah agama universal yang akan tetap relevan kapanpun dan dimanapun, dan karenanya watak yang sempit, terkurung, dan ekslusif bukan merupakan gambaran Islam yang universal. 2) Islam kosmopolitan akan mencapai titik optimal manakala terjadi keseimbangan antara kecenderungan normatif dan kebebasan berfikir. Implikasinya dalam dunia pendidikan Islam adalah keharusan adanya keseimbangan dalam pengembangan dimensi qolbiyah dan dimensi aqliyah dalam diri manusia. Untuk memperoleh keseimbangan pendidikan di antara dua dimensi manusia tersebut, maka diperlukan lembaga pendidikan yang mengutamakan keseimbangan pula. Terdapat dua pilihan untuk mewujudkan keseimbangan tersebut, yaitu sekolah umum dengan pengasramaan peserta didiknya dan pondok pesanten dengan pembaruannya. Kedua pilihan ini samasama memiliki peluang, namun pondok pesantren dengan pembaruannya dirasa akan lebih mudah direalisasikan dan akan lebih efektif hasilnya. Serangkaian pengetahuan agama yang lazim digunakan dalam pembelajaran di pesantren dapat digunakan sebagai komponen Pendidikan Agama Islam dalam sisitem pesantren yang baru ini dengan pembaruan metode pengajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2015 01:23
Last Modified: 27 Jul 2015 01:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16363

Actions (login required)

View Item View Item