DAMPAK PENGIRING (NURTURANT EFFECT) NILAI KARAKTER JUJUR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KALASAN

KHAJROTUN VITROH, NIM. 11410220 (2015) DAMPAK PENGIRING (NURTURANT EFFECT) NILAI KARAKTER JUJUR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENGIRING (NURTURANT EFFECT) NILAI KARAKTER JUJUR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
11410220_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENGIRING (NURTURANT EFFECT) NILAI KARAKTER JUJUR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
11410220_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Khajrotun Vitroh. Dampak Pengiring (Nurturant Effect) Nilai Karakter Jujur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMP Negeri 1 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah melemahnya nilai kejujuran yang terjadi pada akhir-akhir ini sudah merambat pada dunia pendidikan, misalnya: penggelapan dana peserta didik oleh seorang guru, kebiasaan mencontek antar peserta didik, kebiasaan plagiasi, pembocoran soal ujian nasional, dan lain-lain. Dari data tersebut menggambarkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sudah jelas menanamkan nilai, termasuk nilai kejujuran belum mampu mengakar ke dalam diri peserta didik sehingga perilaku peserta didik kurang relevan dengan apa yang telah dipelajari oleh peserta didik. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara penanaman karakter jujur dan bagaimana hasil penanaman nilai jujur dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang cara penanaman nilai kejujuran serta hasil dari penanaman nilai kejujuran dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Kalasan. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalasan.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai cara yang digunakan oleh guru PAI di SMP Negeri 1 Kalasan dalam menanamkan nilai kejujuran. Adapun cara yang digunakan yakni: 1) Memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang makna jujur serta menginternalisasikan ke dalam diri peserta didik, 2) Menyediakan sarana yang dapat merangsang kejujuran peserta didik, dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam menggunakan kegiatan-kegiatan keagamaan sebagai sarana yang dapat merangsang kejujuran peserta didik. Adapun kegiatan keagamaan tersebut yakni kegiatan tadarus Al-Quran setiap hari, kegiatan sholat dhuha di sekolah, kegiatan sholat dhuhur berjamaah, dan kegiatan sholat jumat berjamaah. 3) Keteladanan baik dari guru maupun cerita-cerita yang terdapat dari buku-buku pegangan peserta didik serta dari banner-banner yang terpasang di dinding sekolah. 4) Keterbukaan, 5) Tidak bereaksi berlebihan. Adapun hasil dari penanaman nilai kejujuran dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 1 Kalasan yakni peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Kalasan berkarakter jujur dalam setiap tindak tanduknya, hanya sebagian kecil saja yang masih melakukan ketidakjujuran seperti tindakan mencontek saat ulangan ataupun saat ujian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:36
Last Modified: 27 Jul 2015 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum