STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR AL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ANIS SYAHIROTUL HAYAH, NIM. 11410215 (2015) STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR AL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR AL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410215_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR AL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410215_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ANIS SYAHIROTUL HAYAH. Studi Komparasi Teori Motivasi Belajar Al Ghazali Dan Abraham Maslow Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa realitasnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah masih kurang diminati siswa, sehingga menyebabkan menurunnya prestasi siswa. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Salah satu faktor penyebabnya adalah lemahnya motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus memahami hal apa yang dapat memotivasi siswanya sehingga proses belajar mengajar berjalan lancar. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman bagi para pendidik dalam hal pemenuhan motivasi belajar siswa. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana komparasi teori motivasi belajar Abraham Maslow dan Al Ghazali, bagaiamana relevansi teori motivasi belajar Abraham Maslow dan Al Ghazali terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi teori dari kedua tokoh tersebut sekaligus untuk mengetahui relevansi teori motivasi kedua tokoh tersebut terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi, dimana peneliti menggunakan teori-teori psikologi dalam kajiannya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Studi dokumentasi dilakukan terhadap sumber primer dan sekunder, berupa karya-karya tokoh tersebut dan juga tulisan terkait pemikiran tokoh yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis-diskriptif, yaitu analisis yang ditujukan untuk mendiskripsikan atau menggambarkan pemikiran-pemikiran tokoh tersebut. Hasil penelitian menunjukan: (1) Adanya persamaan dan perbedaan serta kelebihan dan kelemahan dalam teori motivasi Al Ghazali dan Abaraham Maslow. Persamaan dapat terlihat dari subjek penelitian, tujuan akhir dan pengaruh. Perbedaan terlihat dari sifat teori, fokus motivasi dan fungsi motivasi. Kelebihan dari teori motivasi Al Ghazali bersifat teosentris dan menjadikan manusia berada dalam koridor yang benar, sedangkan kelebihan dari teori motivasi Abraham Maslow yaitu menyeluruh memperhatikan aspek fisiologi dan psikologis manusia. Kelemahan dari teori motivasi Al Ghazali yakni tidak antroposentris dan membutuhkan kehati-hatian, sedangkan kelemahan teori motivasi Abraham Maslow yakni tidak teosentris dan menekankan konsistensi yang memungkinkan tidak terjadinya konsistensi. (2) Adanya relevansi teori motivasi Al Ghazali dan Abaraham Maslow terhadap Pendidikan Agama Islam. Relevansinya dapat terlihat pada Tujuan Pendidikan Agama Islam melalui konsep ubudiyah dan khalifah dan metode Pendidikan Islam yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, di antaranya metode ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, metode praktik, demonstrasi, permainan, metode targhib dan tarhib, metode kooperatif dan PAKEM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 09:30
Last Modified: 27 Jul 2015 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum