PENGARUH PENERAPAN METODE CO-OP CO-OP PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK-SMTI YOGYAKARTA

KHOIRI MUSTAFA, NIM. 11410212 (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE CO-OP CO-OP PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK-SMTI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE CO-OP CO-OP PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK-SMTI YOGYAKARTA)
11410212_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE CO-OP CO-OP PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK-SMTI YOGYAKARTA)
11410212_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

KHOIRI MUSTAFA. Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Melalui Penerapan Metode Co-Op Co-Op Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK-SMTI Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan siswa lain ataupun dengan gurunya, rasa tanggung jawab yang dimilik atas orang lain juga masih kurang, serta rendahnya partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, dan juga siswa kesulitan dalam mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Co-Op Co-Op terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMK-SMTI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X A Kimia Analisis dan Kelas X A Kimia Industri yang berjumlah masingmasing kelas 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis intrumen meliputi validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 15 butir pernyataan terdapat 14 butir yang terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,772 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis uji t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan: menurut hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, yang menghasilkan nilai t-hitung sebesar 12,882 dengan db = 62 pada taraf signifikan 0,50. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan interaksi sosial siswa pada pembelajaran PAI dengan menggunakan metode Co-op Co-op (kelompok eksperimen). Sedangkan untuk kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan metode Co-op Co-op (kelompok kontrol) juga mengalami peningkatan namun tidak tidak terlalu tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5%. Perbedaaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pre-test ke post-tes pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pre-tes sebasar 40,531 dan nilai post-tes sebesar 57,688 pada kelas eksperiemen, sedangkan pada kelas control rata-rata nilai pre-tes sebesar 41,500 dan nilai posttest sebesar 49,156.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama,S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Interaksi Sosial, Metode Co-Op Co-Op, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 09:32
Last Modified: 27 Jul 2015 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16374

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum