IDENTITAS DAN INTEGRITAS GURU MENURUT PARKER J. PALMER DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FIKA WAHYU ROHMIYATI, NIM. 11410208 (2015) IDENTITAS DAN INTEGRITAS GURU MENURUT PARKER J. PALMER DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTITAS DAN INTEGRITAS GURU MENURUT PARKER J. PALMER DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410208_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IDENTITAS DAN INTEGRITAS GURU MENURUT PARKER J. PALMER DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410208_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FIKA WAHYU ROHMIYATI, Identitas dan Integritas Guru menurut Parker J. Palmer dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan Islam merupakan alat paling efektif dalam pembentukan kepribadian, guru PAI adalah sosok patut diteladani dan ditiru bagi peserta didik dalam pembentukan kepribadian dan pembudayaan pengamalan ajaran Islam. Fenomena-fenomena tentang krisis profesionalitas guru PAI yang telah terjadi, seperti tindakan amoral dan tindakan kekerasan, membuat identitas dan integritas guru PAI tersebut dipertanyakan, hal ini membuktikan perlu adanya pengembangan kompetensi kepribadian guru PAI. Konsep identitas dan integritas yang ditawarkan Parker J. Palmer memiliki poin-poin yang dapat melengkapi kompetensi kepribadian guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi identitas dan integritas guru menurut Parker J. Palmer dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah psikologi, yang menggunakan prosedur pemecahan masalah melalui ilmu psikologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, konsep identitas dan integritas menurut Parker J. Palmer diantaranya adalah guru dalam jiwa, mengajar dengan hati nurani, mencintai mengajar, selalu berusaha untuk bersikap positif, kemampuan untuk beradaptasi, mengajar sesuai karakter, pandai memanfaatkan waktu. Kedua, identitas dan integritas menurut Parker J. Palmer memiliki relevansi terhadap kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam diantaranya yaitu: bertindak sesuai dengan norma agama, hukum sosial, dan kebudayaan Nasional Indonesia; tampil sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat; tampil sebagai pribadi yang mantap, stabil, dermawan, arif dan berwibawa; dan memiliki etos kerja tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Identitas dan Integritas, Parker J. Palmer; Kompetensi Kepribadian.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:25
Last Modified: 27 Jul 2015 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum