KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMP N 3 KALASAN DAN SMP N 1 PRAMBANAN

ARINA DEWI SUSILANINGSIH, NIM. 11410195 (2015) KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMP N 3 KALASAN DAN SMP N 1 PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMP N 3 KALASAN DAN SMP N 1 PRAMBANAN)
11410195_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMP N 3 KALASAN DAN SMP N 1 PRAMBANAN)
11410195_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)

Abstract

Arina Dewi Susilaningsih. Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Di Sleman (Di SMP N 3 Kalasan dan SMP N 1 Prambanan) Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Pendidikan berintikan interaksi antara pendidik dan peserta didik. Sedangkan kurikulum seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Memperhatikan kondisi pendidikan Indonesia yang belum optimal dalam mengimplementasikan pendidikan maka perubahan Kurikulum 2013 yang secara tiba-tiba memerlukan perencanaan yang matang dalam implementasinya. Dengan demikain kesiapan guru PAI itu sanga penting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP N 3 Kalasan dan SMP N 1 Prambanan dengan subjek guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Madrasah Aliyah Nurul Ummah. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: langkah- langkah yang di ambil oleh kedua sekolah terhadap pemberlakuan Kurikulum 2013 yaitu mengadakan sosialisasi, mendelegasikan guru untuk mengikuti diklat, pengadaan sumber belajar, dan mengadakan MGMP, untuk proses pembelajaran dilihat dari silabus dan RPP kedua sekolah tersebut sudah siap untuk melaksanakan Kurikulum 2013, sedangkan untuk kesiapan dilihat dari indikator kesiapan GPAI dalam hal pengetahuan, perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi sudah dapat dikatakan siap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Key word: Kesiapan, guru Pendidikan Agama Islam, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:37
Last Modified: 27 Jul 2015 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum