IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

UMMU MAWADDAH, NIM. 11410189 (2015) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11410189_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11410189_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ummu Mawaddah. Identifikasi Kesulitan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Perubahan kurikulum adalah kebijakan publik berskala luas yang melibatkan komponen-komponen waktu, keahlian, dana, peralatan, pengorbanan, kemauan yang sangat masif. Kurikulum 2013 memiliki prinsip-prinsip pembelajaran dan penilaian yang cukup rumit. Oleh karena itu, kurikulum tersebut menimbulkan kesulitan bagi guru dalam mengimplementasikannya, termasuk untuk mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 5 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Yogyakarta meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Implementasi Kurikulum 2013 oleh guru PAI sudah berjalan dengan baik meskipun belum sepenuhnya maksimal, guru PAI menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik dalam pembelajaran. Adapun kesulitan yang dialami oleh guru PAI dalam implementasi Kurikulum 2013 meliputi: 1) kesulitan dalam menganalisis KI-KD, 2) kesulitan dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran, 3) kesulitan dalam menentukan dan menggunakan sumber belajar, ) kesulitan dalam menyiapkan siswa secara fisik dan psikis, 5) Kesulitan dalam Menerapkan Prinsip Penilaian yang Sesuai dengan Kurikulum 2013, 6) Kesulitan dalam Menentukan Acuan Patokan dan Ketuntasan Belajar, 7) Kesulitan dalam Menerapkan Teknik Penilaian dan Instrumennya, 8) Kesulitan dalam Menerapkan Karakteristik Penilaian Kurikulum 2013, dan 9) Kesulitan dalam Pelaporan Hasil Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:40
Last Modified: 27 Jul 2015 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16388

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum