PROFIL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KOMPARASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 6 YOGYAKARTA DAN SMK N 5 YOGYAKARTA)

NURUL AENI, NIM. 11410180 (2015) PROFIL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KOMPARASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 6 YOGYAKARTA DAN SMK N 5 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFIL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KOMPARASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 6 YOGYAKARTA DAN SMK N 5 YOGYAKARTA))
11410180_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROFIL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KOMPARASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 6 YOGYAKARTA DAN SMK N 5 YOGYAKARTA))
11410180_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NURUL AENI. Profil Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Komperasi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 6 Yogyakarta dan di SMK N 5 Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan sebagai suatu sistem, tidak lain dari suatu totalitas fungsional yang terarah pada suatu tujuan. Setiap subsistem yang ada dalam sistem tersusun dan tidak dapat dipisahkan dari rangkaian unsur-unsur atau komponen-komponen yang berhubungan secara dinamis dalam suatu kesatuan. Selain itu pendidik adalah seorang model bagi siswanya. Seorang guru yang profesional seharusnya memiliki beberapa bidang kompetensi. Seorang pemimpin harus bisa menjadi seorang perancang kegiatan, motivator dan lain-lain. Hal tersebut yang diharapkan ada pada seorang guru Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan pembelajaran agama Islam, dan apa perbedaan dan persamaan pengelolaan pembelajaran guru PAI di SMA N 6 Yogyakarta dan di SMK N 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA N 6 Yogyakarta dan SMK N 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengelolaan pembelajaran agama Islam di SMA N 6 Yogyakarta adalah Penyusunan jadwal pelajaran, membuat RPP,dan penyusunan evaluasi hasil belajar dan Pengelolaan Siswa Sedangkan pengelolaan pembelajaran agama Islam di SMK N 5 Yogyakarta adalahdapat menyusun jadwal pelajaran yang sesuai dengan kurikulum sekolah, pembuatan RPP, menyusun evaluasi hasil belajar siswa serta dapat mengkondisikan siswasiswa.( 2) Perbedaan pengelolaan pembelajaran guru PAI di SMA N 6 Yogyakarta dan SMK N 5 Yogyakarta adalah dalam proses pembelajarannya yaitu terletak pada kurikulum yang digunakan di setiap sekolah, selain itu dalam penggunaan media dan strategi, materi yang disampaikan, kelas yang diampu, kondisi siswa, penilaian guru. Sedangkan persamaan pengelolaan pembelajaran guru PAI di SMA N 6 Yogyakarta dan SMK N 5 Yogyakarta adalah guru membuat RPP, penguasaan materi, kedua guru PAI ini mampu menjawab pertanyaan, dapat memotivasi siswa, mengevaluasi hasil pembelajaran, mampu mengkondisikan siswa, guru yang santai, guru yang datang tepat waktu, menjadi contoh, guru yang sabar, kedua guru PAI ini dalam menggunakan bahasa cinta dan kasih sayang, guru yang mampu menjadi sahabat, memiliki sikap rendah hati, serta kedua guru ini menyenangi kegiatan mengajar karena kedua guru ini memiliki kompetensi profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : Profil Guru Pendidikan Agama Islam, Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:48
Last Modified: 27 Jul 2015 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum