HUBUNGAN ANTARA SIKAP KEBERAGAMAAN DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMK YAPPI WONOSARI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF

ARPINDA ARGHA AYUNING TIYAS, NIM. 11410170 (2015) HUBUNGAN ANTARA SIKAP KEBERAGAMAAN DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMK YAPPI WONOSARI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA SIKAP KEBERAGAMAAN DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMK YAPPI WONOSARI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF)
11410170_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA SIKAP KEBERAGAMAAN DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMK YAPPI WONOSARI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF)
11410170_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)

Abstract

ARPINDA ARGHA AYUNING TIYAS. Hubungan antara Sikap Keberagamaan dengan Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XII SMK YAPPI Wonosari Program Studi Keahlian Teknik Otomotif. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah menyiapkan kompetensi tenaga kerja sejak awal melalui pendidikan adalah mutlak. Perkembangan yang cepat menuntut kesiapan dan kemampuan tenaga kerja berkualitas dan terampil. Memasuki dunia kerja memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu persiapanpersiapan sejak dalam masa belajar, misalnya prestasi akademik, kemampuan berkomunikasi, keterampilan dan kepribadian. Dalam Pendidikan Agama Islam, bimbingan keagamaan tidak hanya diarahkan pada pembentukan nilai-nilai imani, melainkan juga pada pembentukan nilai-nilai amali seperti keteladanan, pembiasaan dan disiplin serta etos kerja.Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara sikap keberagamaan dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara sikap keberagamaan dan kesiapan mental kerja siswa kelas XII SMK YAPPI Wonosari Program Studi Keahlian Teknik Otomotif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK YAPPI Wonosari Program Studi Keahlian Teknik Otomotif tahun pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas pada angket sikap keberagamaan siswa menunjukkan 37 butir angket terbukti valid dan 3 butir angket tidak valid, sedangkan hasil analisis validitas pada angket kesiapan mental kerja siswa menunjukkan 39 butir angket terbukti valid dan 1 butir angket tidak valid. Untuk hasil analisis reliabilitas pada angket sikap keberagamaan siswa menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,918 dan dinyatakan reliabel, sedangkan hasil analisis reliabilitas pada angket kesiapan mental kerja siswa menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,935 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis korelasi dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sikap keberagamaan siswa kelas XII SMK YAPPI Wonosari dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-ratanya mencapai 126, 49 dari nilai tertinggi 160. 2) kesiapan mental kerja siswa kelas XII SMK YAPPI Wonosari dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-ratanya mencapai 136, 22 dari nilai tertinggi 160. 3) ada hubungan yang signifikan antara sikap keberagamaan dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII SMK YAPPI Wonosari Program Studi Keahlian Teknik Otomotif. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,678 sementara rtabel 5% sebesar 0,205, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri sumami, M. Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 13:24
Last Modified: 27 Jul 2015 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum