KONTRIBUSI MATA PELAJARAN UMUM TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN PKN)

ISNAINI NUR AZIZAH, NIM. 11410167 (2015) KONTRIBUSI MATA PELAJARAN UMUM TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN PKN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI MATA PELAJARAN UMUM TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN PKN))
11410167_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI MATA PELAJARAN UMUM TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN PKN))
11410167_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ISNAINI NUR AZIZAH. Kontribusi Mata Pelajaran Umum terhadap Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul Yogyakarta (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Biologi dan PKn). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Kegiatan pendidikan agama selama ini bersikap menyendiri dan kurang berinteraksi dengan ilmu-ilmu non agama. Pendidikan agama tidak boleh dan tidak dapat berjalan sendiri tetapi harus berjalan bersama dan bekerjasama dengan program-program pendidikan non agama apabila ia ingin mempunyai relevansi terhadap perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sedayu, dan bagaimana kontribusi mata pelajaran umum (materi Biologi dan PKn) terhadap pengembangan pembelajaran materi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam dan bentuk kontribusi mata pelajaran umum terhadap pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek latar SMA Negeri 1 Sedayu. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna dengan mengadakan trianggulasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan pembelajaran PAI berlandaskan pada al-Qur’an, al-Hadist dan perundangan-undangan. Pelaksanaan pengembangan PAI terdiri dari lima komponen, diantaranya tujuan pembelajaran PAI, materi pembelajaran PAI, metode pembelajaran PAI, media pembelajaran PAI dan evaluasi pembelajaran PAI. (2) Kontribusi materi Biologi terhadap pengembangan pembelajaran materi PAI yaitu mengembangkan konsep-konsep ilmiah dalam rangka menguak rahasia-rahasia kehidupan atas kebesaran Allah SWT,dengan menggunakan model similarisasi dan juga menggunakan model pengintegrasian ke dalam tema-tema pelajaran.(3) Kontribusi materi PKn terhadap pengembangan pembelajaran materi PAI yaitu membentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban serta memiliki moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama, dengan menggunakan model Informatif dan juga menggunakan model pengintegrasian ke dalam tema-tema pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : Mata Pelajaran Umum, Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 13:28
Last Modified: 27 Jul 2015 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum