PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

ZAINUN WAFIQATUN NIAM, NIM. 11410160 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
11410160_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
11410160_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)

Abstract

Zainun Wafiqatun Niam. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Al Quran Hadis dan Implikasinya Terhadap Internalisasi Nilai Agama Islam di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pendidikan bagi manusia, yaitu sebagai sarana menciptakan akhlak yang baik dan sebagai alat untuk memecahkan permasalahan kehidupan. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam proses pendidikan adalah model atau metode yang digunakan. Di dalam proses belajar mengajar tidak selayaknya keberadaan guru membuat anak didik terkungkung dan pasif. Untuk itulah dibutuhkan pendekatan pembelajaran kontekstual, dan salah satu model pembelajaran kontekstual adalah Problem Based Learning. Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menghadapkan siswa pada masalah dunia nyata (real world) dalam prosesnya. Salah satu madrasah yang telah menerapkan model Problem Based Learning adalah Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede. Penelitian ini bertujuan melihat proses pembelajaran MA Nurul Ummah dengan menggunakan model Problem Based Learning dan mengetahui bagaimana implikasinya terhadap internalisasi nilai agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu warga MA Nurul Ummah Kotagede yang meliputi kepala madrasah, guru Al Quran Hadis, Waka Kurikulum, dan siswa. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data meliputi uji validitas dan reabilitas, yaitu dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dengan membandingkan antara hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model siklus interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Hiberman yaitu melalui alur proses reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Guru Al Quran Hadis MA Nurul Ummah menggunakan model Problem Based Learning sebagai upaya untuk menciptakan suasana belajar yang bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran dikemas ke dalam bentuk penyajian teks, konteks dan kontekstualisasi teks, sehingga apa yang dipelajari oleh siswa dapat memberikan makna.Proses pembelajaran yang dilakukan menunjukkan adanya proses dialog antara guru, murid dan dengan lingkungan dimana mereka berada. Dengan menggunakan isu masalah dunia nyata sebagai basis dalam pembelajaran, siswa terlihat aktif ketika dihadapkan dengan permasalahan yang membuat mereka merasa perlu untuk membahasnya. (2) Penerapan model Problem Based Learning memiliki dampak terhadap internalisasi nilai agama Islam kepada siswa, diantara dampak yang dimiliki dari proses pembelajaran dengan model PBL yaitu: Siswa mampu meyakini dan menyadari akan kebenaran doktrin atau nilai agama Islam, siswa mampu dalam memahami tentang hakikat nilai-nilai ajaran Islam, siswa dapat menjadikan Al Quran dan Hadis sebagai pedoman dalam berperilaku sehari-hari, dan munculnya kemauan dan kesanggupan siswa dalam menyampaikan pengetahuan mereka kepada orang lain, sebagai sarana berdakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 13:31
Last Modified: 27 Jul 2015 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum