NILAI-NILAI TAUHID DALAM KEGIATAN MUJAHADAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTEGEDE YOGYAKARTA

KHUSNUL IMROAH, NIM. 11410136 (2015) NILAI-NILAI TAUHID DALAM KEGIATAN MUJAHADAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTEGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI TAUHID DALAM KEGIATAN MUJAHADAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTEGEDE YOGYAKARTA)
11410136_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI TAUHID DALAM KEGIATAN MUJAHADAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTEGEDE YOGYAKARTA)
11410136_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Khusnul Imroah, Nilai-nilai Tauhid dalam Kegiatan Mujahadah dan Implikasinya Terhadap Perilaku Keagamaan Santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah: Betapa pentingnya nilai tauhid sebagai bekal kehidupan santri pada zaman sekarang, baik kehidupan dunia maupun untuk kehidupan akhirat kelak. Selain itu nilai tauhid juga sangat mempengaruhi terhadap perilaku keagamaan seseorang. Semakin dangkal akidah seseorang maka akan rendah pula kadar perilaku keagamaannya, begitu juga dengan seseorang yang kokoh akidahnya maka semakin tinggi kadar perilaku keagamaannya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa nilai tauhid yang ada dalam kegiatan mujahadah dan bagaimana implikasi nilai tauhid dalam kegiatan mujahadah terhadap perilaku keagamaan santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai tauhid apa saja yang terdapat dalam kegiatan mujahadah dan untuk mengetahui bagaimana implikasi nilai tauhid dalam kegiatan mujahadah terhadap perilaku keagamaan santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan individu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah Pengasuh, Pengurus, ustadzah tauhid dan Santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendidikan tauhid disampaikan melalui kegiatan aplikatif, dengan berbagai kegiatan yang ada dalam mujahadah, yaitu sholat, dzikir, membaca al-quran, asmaul husna, dll. Pendidikan tauhid mencakup ilahiyat, nubuwat, ruhaniyat, dan sam’iyat. 2) Perilaku keagamaan santri yang merupakan implikasi dari pendidikan tauhid dalam kegiatan mujahadah. Perilaku keagamaan santri meliputi: a) Dimensi keyakinan (ideology), berupa tawakkal, syukur, dan prasangka baik, b) Dimensi Praktik Agama, c) Dimensi pengalaman, d) Dimensi Pengetahuan Agama, dan e) Dimensi Pengamalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 13:39
Last Modified: 27 Jul 2015 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum