PERAN DONGENG ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TINGKAT DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA

MUHAMMAD FAKHRI, NIM. 11410133 (2015) PERAN DONGENG ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TINGKAT DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN DONGENG ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TINGKAT DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA)
11410133_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN DONGENG ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TINGKAT DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA)
11410133_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD FAKHRI. Peran Dongeng Islami Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Tingkat Dasar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDIT Bina Anak Islam Krapyak (BAIK) Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2015. Latar belakang penelitian ini adalah keadaan minat belajar anak tingkat dasar atau SD terhadap mata pelajaran PAI di SDIT Bina Anak Islam Krapyak (BAIK) yang menunjukkan tingkat rendah sebelum diterapkannya pembelajaran dengan dongeng atau cerita Islami. Sedangkan pembelajaran dengan dongeng atau cerita Islami sangatlah bagus karena dapat meningkatkan minat belajar anak serta dapat berperilaku yang baik sesuai dengan akhlak yang karimah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang peran dongeng Islami dalam meningkatkan minat belajar PAI pada anak tingkat dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi minat belajar PAI di SDIT Bina Anak Islam Krapyak setelah diterapkannya dongeng dalam pembelajaran serta penerapan yang dilakukan oleh guru atau ustadzah dalam pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (field reaseach) dengan pendekatan psikologis. Penelitian ini melakukan proses pengumpulan datanya diperoleh dari lapangan atau dari penerapan yang dilakukan oleh guru PAI atau Ustadzah Satria dalam penyampaian pembelajaran PAI menggunakan dongeng atau cerita Islami. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelas 1 dan kelas 2 serta guru PAI. Kelas 1 jumlah siswa sebanyak 28 anak dan kelas 2 sebanyak 23 anak, guru PAI serta Kepala SDIT ‘BAIK’. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan dongeng dimulai dari persiapan yang dilakukan Ustadzah Satria sampai pada penyampaian dengan dongeng Islami yang diterapkan di kelas saat pembelajaran. (2) Peran dongeng Islami dalam meningkatkan minat belajar anak dalam Pendidikan Agama Islam di kelas 1 dan kelas 2 SDIT Bina Anak Islam Krapyak (BAIK), dilakukan melalui dua tahap yaitu sebelum dongeng dilakukan dengan minat anak mencapai 1,19 dan 1,22 sedangkan saat menggunakan metode dongeng. Saat metode tidak dilakukan minat anak begitu rendah sedangkan saat metode dilaksanakan minat anak tinggi sehingga mencapai 2,46 dan 2,51. (3) Kendala yang dihadapi yaitu : ketika anak malas, ketika PAI pada jam terakhir atau setelah istirahat ke dua serta pemahaman anak dalam penerapan pembelajaran kepada anak yang masih belum sampai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Dongeng Islami, Minat Belajar, SDIT Bina Anak Islam Krapyak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:18
Last Modified: 28 Jul 2015 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum