HUBUNGAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS II SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL

WAHIDATUN HIDAYAH, NIM. 11410120 (2015) HUBUNGAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS II SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS II SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL)
11410120_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS II SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL)
11410120_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)

Abstract

Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas II SD Islam Al Azhar 38 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui multiple intelligences siswa, tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa dan mengungkap ada tidaknya hubungan antara multiple intelligences dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas II SD Islam Al Azhar 38 Bantul serta untuk mengetahui kontribusi multiple intelligences terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar SD Islam Al Azhar 38 Bantul. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas II SD Islam Al Azhar 38 Bantul dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, angket multiple intelligences dan wawancara. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas angket multiple intelligences menunjukkan dari 45 butir angket terdapat 35 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas sebesar 0,875 dan dinyatakan reliabel. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) multiple intelligences siswa kelas II SD Islam Al Azhar 38 Bantul bervariasi, ada yang memiliki kecerdasan di domain interaktif, domain analitik, dan domain instropektif. 2) Tingkat prestasi belajar PAI siswa kelas II SD Islam Al Azhar 38 Bantul dalam kategori Amat Baik. Hal ini bisa ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 94,46. 3) Hubungan antara multiple intelligences dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa memiliki korelasi positif, dalam hal ini indeks korelasi rxy menunjukan angka sebesar 0,542. Dengan demikian tinggi rendahnya prestasi belajar Pendidikan Agama Islam diikuti dengan tinggi rendahnya multiple intelligences siswa. 4) Besarnya kontribusi multiple intelligences terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 29,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Key Words: multiple intelligences, prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2015 08:27
Last Modified: 28 Jul 2015 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum